LayarBerita, Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala siap mendukung Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) untuk mendirikan Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI) di kampus tersebut.

Komitmen ini ditandai dengan penandatangan naskah kerja sama oleh Rektor USK Prof Marwan dengan Direktur PNL Rizal Syahyadi, di ruang mini Rektor USK, Banda Aceh, 27 September 2022.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Direktur III PNL Sariyusda, dan Koordinator Humas dan Kerja Sama  Muhammad Hatta. Lalu dari pihak USK turut hadir Wakil Rektor IV USK Taufiq Saidi, Koordinator Humas Ferizal dan Koordinator Bagian Kerja Sama Iskandar serta Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Aceh.

Dalam pertemuan tersebut, Rizal Syahyadi mengatakan, pendirian PSPPI ini sangatlah penting tidak hanya bagi pengembangan PNL secara institusi, tapi turut mendorong peningkatan kompetensi para insinyur khususnya yang ada di Aceh saat ini.

Adapun kerja sama dengan USK ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendirikan PSPPI.

“Kita ingin USK menjadi Universitas Pendamping, karena syaratnya harus perguruan tinggi yang unggul. Jadi MoU hari ini adalah bentuk payung hukumnya,” ucapnya.

Selain dukungan terhadap pembentukan PSPPI, dalam pertemuan ini Rizal Syahyadi juga meminta dukungan USK untuk pelaksanaan program pendidikan doktor (S3). Sebab saat ini ada sebagian dosen di PNL yang ingin dan sedang meningkatkan jenjang pendidikan akademiknya.

Selanjutnya Rektor mengatakan, USK tentu saja menyambut baik kesepakatan kerja sama ini. Sebab komitmen untuk mendukung program pendidikan profesi di PNL tersebut, merupakan bentuk tanggung jawab USK sebagai perguruan tinggi di Aceh.

Kesepakatan kerja sama ini pun sudah diketahui oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat, sehingga usulan pembentukan PSPPI tersebut dapat segera ditindaklanjuti.

“Ya, tentu saja USK sangat mendukung upaya-upaya peningkatan mutu pendidikan setiap perguruan tinggi yang ada di Aceh. Kolaborasi seperti ini sangat penting, dalam mendukung terwujudnya SDM Aceh yang berkualitas,” ucap Prof Marwan.  [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *