LayarBerita, Aceh Utara – Sudah sepekan lebih, blangko e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Utara kosong.  Kondisi ini memang membuat pelayanan pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) tidak berjalan sebagai mana mestinya.

Namun untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam mengurus keperluan administrasi lainnya, Disdukcapil Aceh Utara melakukan upaya lain.  Yakni melakukan pengisian biodata kependudukan secara online serta mengaktifkan Id Digital yang merupakan program terbaru Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Safrizal, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Utara, kekosongan blangko KTP sudah dimulai sejak 20 September 2022 kemarin.  Kekosongan ini lantaran belum dikirimnya blangko dari pusat ke Provinsi Aceh.  Sehingga blangko e-KTP sempat kosong pada dinas Dukcapil Aceh Utara sejak sepekan kemarin.

“Kita terus menghubungi pihak provinsi mempertanyakan blangko.  Pasalnya setiap hari selama ini Kita melayani sekitar 200 hingga 300 warga untuk pengurusan KTP,” ujar Rizal.

Banyaknya warga yang mengurus KTP, sebab saat ini pihak Disdukcapil sedang mengejar pembuatan KTP elektronik bagi pemula. Yakni bagi remaja yang sudah wajib mempunyai KTP,  sasaran yang dituju bagi mereka yang telah memasuki usia 17 tahun.  Ada pun langkah yang dilakukan dengan cara menjemput bola termasuk bekerja sama dengan pihak kecamatan dan sekolah.

Hal tersebut juga merupakan program nasional dan merupakan salah satu target yang menjadi fokus dari Pemkab Aceh Utara yakni melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Yakni untuk dapat menertibkan administrasi kependudukan masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

“Ini kita siasati untuk membantu masyarakat dalam pengurusan administrasi.  Sehingga dengan kita keluarkannya biodata penduduk secara online dan Id digital.  Hal ini dapat membantu segala hal bagi warga untuk mengurus keperluan administrasi mereka,” ujar Safrizal. [red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *