LayarBerita, Jakarta – Beredar informasi di media sosial sebuah gambar  mengenai resep obat-obatan Covid-19 versi rumah sakit.

Dalam gambar yang beredar, seseorang dianjurkan jika terkena Covid-19 untuk tidak perlu panik dan tidak perlu ke rumah sakit jika tidak sesak parah dan disarankan untuk diobati sendiri, karena saat ini rumah sakit khusus Covid-19 semua penuh.

Berdasarkan penelusuran, pesan tersebut merupakan informasi menyesatkan yang sudah beredar sejak akhir 2020, sebut Kominfo dalam laman resminya, Minggu (27/6/2021).

Melansir dari pemberitaan salah satu media online yang berjudul “Viral daftar obat untuk pasien Covid-19, ini pesan dokter paru” pada 29 Desember 2020, dijelaskan bahwa pemakaian obat tidak bisa sembarang tanpa resep dokter.

Dokter spesialis paru sekaligus Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI), dr Erlang Samoedro, Sp.P(K) mengatakan, pemberian obat, meski pada pasien tanpa gejala, tetap harus dalam pengawasan medis.

Obat harus diberikan sesuai kondisi pasien untuk mengurangi risiko efek samping penggunaannya.

Hal serupa juga dijelaskan oleh dokter umum sekaligus kandidat PhD di Medical Science di Kobe University, Adam Prabata menyebutkan bahwa obat-obatan tersebut memiliki efek samping pada pengguna jika tidak dikonsultasikan kepada dokter.

Terdapat efek samping yang bisa ditimbulkan apabila mengkonsumsi obat-obatan tersebut secara sembarangan seperti gangguan liver dan ginjal. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *