Halo Bunda…tentunya di tengah wabah Covid-19 saat ini tentunya kita enggan sering keluar rumah, terlebih duduk menikmati sajian di sebuah café ataupun sebuah resto.  Terlebih di bulan suci ramadhan seperti ini, saat berbuka lebih asiik jika dilakukan bersama keluarga di rumah.

Nah …untuk tidak membosankan keluarga saat berbuka dengan variasi penganan di saat kondisi seperti sekarang.  Tentu tidak ada salahnya para bunda mencoba membuat sendiri Pizza lezat di rumah. Apalgi saat pembuatannya dibantu oleh keluarga, karena imbauan di rumah saja.

Untuk itu, kami mencoba membagi sedikit tips untuk membuat Pizza rumahan ala resto untuk Anda.

Bahan-bahan/Resep :

8 porsi

250 gram tepung terigu

1 sdt ragi instan

3 sdm mentega

3 sdm minyak goreng

1 butir telur

200 ml susu UHT putih

sesuai selera toping

2 sdm saos tomat

2 batang sosis

1 buah bawang bombay

1/2 buah tomat segar

1 ons keju

2 sdm mayonaise

Lalu campur sampai rata terigu dan ragi instan. Kemudian tambahkan mentega, campur rata hingga berbulir. Tambahkan minyak goreng, campurkan hingga merata. Kemudian masukkan telur, campurkan hingga merata.

Terakhir tuangkan susu UHT sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni. Tuangkan setengah dulu, uleni adonan, lalu masukkan lagi setengahnya sambil terus menguleni adonan. Istirahatkan adonan selama kurang lebih 15 menit dalam wadah yang ditutup serbet basah atau plastik

tips:

Saat mencampurkan susu UHT, adonan akan terasa sangat lembek dan lengket.

Jangan tergoda untuk menambahkan terigu, terus saja uleni sampai adonan benar-benar kalis dan terasa lembut.

Setelah 15 menit, kempiskan adonan, tata pada wajan teflon. Tusuk-tusuk dengan garpu untuk memberi pori-pori uap panas agar adonan matang merata.

Catatan : 1 resep ini untuk wajan teflon ukuran diameter 22 cm, jika wajan anda berukuran lebih kecil, bagi adonan menjadi beberapa.

Oleskan saos tomat, taruh bawang bombay, tomat segar, sosis dan parutan keju

Nyalakan kompor. Masak adonan pizza selama kurang lebih 15-20 menit, tutup dengan tutup panci.

Upayakan memakai kompor di tungku tengah (api paling kecil). 5 menit pertama gunakan api besar dan adonan belum saya tutup, ini untuk memberikan panas maksimal dan mengembangkan adonan doughnya.

Setelahnya kecilkan api dan teflon ditutup selama 10-15 menit, sehingga kita mendapatkan pizza yang warnanya cantik serta matang merata di dalamnya, tidak gosong di bawahnya. Setelah 15 menit, bubuhkan mayonaise, panggang selama 5 menit.

Angkat pizza dari teflon, potong dan nikmati selagi hangat bersama keluarga saat berbuka. Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *