LayarBerita, Lhokseumawe – Guna menjaga tali silaturahmi dan menjaga tradisi secara turun temurun.  Forum Masyarakat Pidie dan Pidie Jaya yang berada di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe menggelar kegiatan ‘Toet Apam Akbar’ di lokasi bekas Hotel Dewi Plaza Gampong Keude Aceh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Sabtu (27/3/2021).

Menurut Ketua Umum Forum Masyarakat Pidie dan Pidie Jaya di Lhokseumawe, Zainal Abidin Samak, toet apam yang merupakan makanan khas Aceh ini baru perdana dilaksanakan di Kota Lhokseumawe.

Kegiatan itu bertujuan tidak lain untuk memperingati adat dan budaya Aceh yang digelar setiap tahunnya di Pidie. Selain itu juga untuk mempererat tali silaturrahmi antara Forum Masyarakat Pidie-Pidie Jaya dengan masyarakat Kota Lhokseumawe.

“Ini baru pertama kita gelar di Kota Lhokseumawe yang digerakkan secara bersama,” ujar Zainal.

Sambung Zainal, tradisi membuat makanan khas Aceh seperti toet apam memang sudah mulai sulit ditemui dalam masyarakat.  Mengingat inilah pihanya ingin terus menjaga dan membangkitkan tradisi tersebut, termasuk di Kota Lhokseumawe. Dengan harapan tentunya tradisi toet apam akan terus berlangsung.  Sehingga adat budaya Aceh tidak akan hilang terkikis oleh zaman.

“Melalui berbagai event adat dan budaya, kita berharap masyarakat Pidie dan Pidie Jaya bisa terus bersatu.  Serta dapat menjaga tali silaturrahmi dengan masyarakat Kota Lhokseumawe.  Hal ini tentu sangat penting untuk mendukung pembangunan daerah,” ungkapnya. [red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *