LayarBerita, Kuala Lumpur – Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) untuk kelima kalinya sukses menggelar International Conference on Science and Innovated Engineering (ICOSINE-5) dengan mengusung tema “Role of Innovated Engineering and Advanced Technology in Establishing Capacity and Ensuring Suistanable Future”, Sabtu (26/11/2022) di Hotel Furama, Bukit Bintang, Kuala Lumpur Malaysia.

Sebelumnya, PNL terbilang sukses juga dalam menyelenggarakan konferensi internasional tentang inovasi teknologi, dan sains untuk pertama kali di Sabang tahun 2018, ICOSINE-2 tahun 2019 di Malaka, Malaysia, dan ICOSINE-3 dan ICOSINE-4 secara daring.

ICOSINE-5 dibuka oleh Direktur  PNL Rizal Syahyadi, diikuti oleh pemakalah yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Cina, Malaysia, Thailand dan Iran.

Dalam sambutannya, Direktur PNL menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada panitia yang telah menyukseskan ICOSINE-5. Pria lulusan Universiti Malaya ini juga menyampaikan, setiap tahun tema yang diangkat oleh panitia selalu mengikuti trend dan perkembangan global saat ini.

“Saya berharap hasil ICOSINE dapat memberikan kontribusi dan edukasi kepada cendikiawan kampus maupun untuk masyarakat umum,” harapnya.

Lanjut Didi, panggilan akrab Direktur PNL, kegiatan ICOSINE ini dapat terus berlanjut dalam kapasitas peningkatan penelitian dan publikasi hasil penelitian di tingkat internasional terutama dalam hal sitasi jurnal oleh dosen di lingkungan PNL.

“Kami menyambut baik pelaksanaan konferensi ini, dan berharap kepada peserta dapat memanfaatkan forum ilmiah ini tidak hanya untuk bersilaturrahmi tetapi membahas berbagai persoalan di bidang penelitian dan pengabdian,” papar Didi.

Dr. Nelly Safitri, selaku Ketua Panitia ICOSINE-5 mengatakan, tema yang diusung berhubungan dengan teknologi dan keilmuan untuk mendukung energi terbarukan demi kelangsungan energi dimasa depan.

“Pada konferensi ini, para peneliti, ilmuwan dan pengamat keilmuan dari berbagai universitas dan institusi berbagi ilmu dan pengalaman mereka tentang tema yang sudah disiapkan oleh panitia,” terangnya.

Dalam pelaksanaan event ini kata Nelly, PNL bekerja sama dengan Optical Society of Malaysia (OSM), sebuah organisasi asal negeri jiran yang aktif mengelola aktivitas riset, seminar, inovasi, iklan, dan publikasi dalam bidang fotonik.

“PNL akan menerbitkan artikel melalui Jurnal Akademia Baru Publsihing, Malaysia yang selama ini berhasil menghasilkan jurnal berindex scopus yang berkualitas,” terangnya.

Alumni Curtin University of Technology Western, Australia ini menambahkan, untuk ICOSINE tahun ini menghadirkan keynote speakers dari dalam negeri maupun mancanegara, diantaranya Prof. Dr. Sulaiman Wadi Harun dari Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia. Associate Professor Farhad Shahnia dari Murdoch University, Perth Westwern Australia, Prof. Zuchra Helwani, dari Universitas Riau, Indonesia dan Prof. Shyh – Chour dari National Kaohsiung University of Science and Technology, Kaoh Siung, Taiwan.

Dalam kesempatan konferensi ini, Wakil Direktur Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi PNL Sariyusda, di dampingi Koordinator Humas dan Kerja Sama Muhammad Hatta, juga menjajaki kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi baik di Malaysia maupun Australia. Diantaranya Murdoch University, Perth Western Asutralia, Universiti Teknikal Malaysia (UTeM) di Malaka, Universiti Teknokogi Mara (UiTM) di Shah Alam, Universiti Teknologi Malaysia (UTM) di Johor dan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *