LayarBerita, Aceh Utara – Tiga orang Dosen Psikologi Universitas Malikussaleh melakukan psikoedukasi kepada siswa SMK Negeri 1 Dewantara, Aceh Utara, dengan tema “Pengaruh Gadget terhadap Pelajar di Dunia Pendidikan”.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh tiga orang psikolog, yakni Dwi Iramadhani, S.Psi., M.Psi., Zurratul Muna, S.Psi., M.Psi, dan Rini Julistia, S.Psi., M.Psi, serta dibantu oleh 2 mahasiswa Psikologi Universitas Malikussaleh.  Serta mendapat dukungan penuh dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unimal yang dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan Protokol Covid-19.

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala SMK Negeri 1 Dewantara,  Suraida Fitri, M.Si. M, menyambut baik kegiata tersebut dan sangat berharap agar siswa-siswi dapat mempergunakan gadget untuk hal yang positif.

Terutama pada masa pandemi ini, hampir semua kalangan termasuk pendidikan tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka. Sehingga proses belajar mengajar di sekolah yang biasanya dilaksanakan secara luring (langsung), harus dilaksanakan secara daring/online.

“Kondisi ini pula menyebabkan banyak siswa dan siswi memilih belajar dengan media gadget. Penggunaan gadget ini memiliki dampak positif dan juga dampak negatif. Sehingga dibutuhkan pemantauan dan arahan, agar digunakan sesuai dengan kebutuhan,” ujar  Zurratul Muna.

Adapun dampak positif dari gadget adalah untuk mempermudah pencarian informasi dan berkomunikasi. Sedangkan salah satu dampak negatifnya adalah main game yang membuat siswa terkadang salah menggunakan media yang diberikannya kepadanya, sehingga tugas menjadi terbengkalai.

“Untuk itulah Kami menggelar edukasi ini kepada para siswa.  Agar nantinya para siswa dapat mengerti dan menggunakan gadget dengan baik dan benar,” tutup Dosen Psikologi Universitas Malikussaleh ini. [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *