LayarBerita, Siak — Meski angka penularan akibat pandemi Covid-19 di Pusako terbilang rendah, namun Bupati Siak Alfedri tetap mengingatkan warganya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Yakni dengan menerapkan 5 M, pertama mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas.

“Meski angka penularan di Pusako ini hanya satu dua orang, namun kita jangan lengah. Sore ini Saya mengingatkan camat, penghulu untuk memantau warganya, dan mengingatkan tetap prokes,” ujar Alfedri saat menyerahkan bantun masker di Aula Pertemuan, Kantor Camat Pusako, Selasa (24/8/2021) petang.

Setiap kunjungannya turun ke kecamatan, Alfedri selalu mewanti-wanti kepada warga, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Dibutuhkan kesadaran bersama, pemerintah dan masyarakat.

“Warga harus taat Prokes dan mau divaksin, tugas Pemerintah 3T atau tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), ini sudah kita mulai kepada ASN, kita minta tes massal mengunakan tes antigen. Penelusuran kontak erat (tracing) dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment) salah satu upaya utama penanganan COVID-19,” tegasnya.

Pada kesempatan itu Bupati Alfedri juga menyerahkan bantuan masker dalam upaya meminimalisir penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Kali ini pembagian masker diserahkan kepada pengurus dan jamaah mesjid serta pondok pesantren di Kecamatan Pusako.

“Hari ini kami serahkan masker kepada pengurus masjid dan pondok pesantren yang ada di Pusako. Nanti masker tersebut dibagikan kepada jamaah dan santri. Salah satu cara yang bisa tetap dilakukan masyarakat agar terhindar dari terpapar Covid-19, adalah dengan tetap konsisten memakai Masker, Mencuci Tangan dengan sabun dan air mengalir serta Menjaga jarak,” tutupnya.

Camat Pusako Harland Winanda menyampaikan, target vaksin di Kecamatan Pusako saat ini baru mencapai 30 persen. Ia minta jika Pemkab mendistribusikan vaksin untuk Pusako bisa dilebihkan.

“Masyarakat kami sangat antusias untuk di vaksin. Mereka sering menanyakan ke saya, pak kapan jadwal vaksin lagi. Kecamatan Pusako saat ini virus corona bisa dibilang cukup bisa dikendalikan. Untuk warga yang menjalani perawatan, terdapat 2 orang dirawat di Rumah Sakit Tengku Rafian Siak, 2 orang kita rawat terkoordinir di Asrama Haji dan 9 orang isolasi mandiri,” terangnya. [Infotorial]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *