LayarBerita, Aceh – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, berhasil dipadamkan petugas. Kejadian ini berlangsung pada Minggu dini hari (25/7/2021), pukul 00.15 WIB. Lokasi lahan terdampak berada sejauh 36 Kkm dari kecamatan tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah melaporkan pihaknya menurunkan 2 unit armada mobil kebakaran Posdam 4 Pintu Rime Gayo dan Posdam 3 Singah Mulo. Api berhasil dipadamkan setelah melakukan pemadaman di lokasi selama tiga jam. Pemadaman dilanjutkan dengan pendinginan sehingga bara api sepenuhnya padam.

BPBD setempat juga melakukan pemantauan kondisi di wilayah kabupaten dengan memanfaatkan tim reaksi cepat (TRC) yang berada di lapangan maupun mitra-mitra terkait, termasuk dari penduduk.

Sejauh ini penyebab terjadinya kebakaran ini masih dalam proses penyelidikan oleh pihak berwenang. Estimasi dampak Karhutla seluas 5 hektar. BPBD tidak merinci lebih lanjut jenis lahan yang terbakar, lahan mineral atau pun gambut.

Menurut Abdul Muhari, Ph.D, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, selama periode 1 Januari hingga 30 Juni 2021, akumulasi sementara luas karhutla di wilayah Aceh mencapai 564 hektar, dengan rincian pada lahan gambut 304 hektar dan mineral 260. Sedangkan pada periode Juni 2021, luast karhutla mencapai 25 hektar, yang diidentifikasi pada lahan mineral.

Sehubungan potensi karhulta di bulan Agustus – Oktober 2021, BNPB telah meminta BPBD provinsi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan pencegahan. Salah satunya upaya yang dapat dilakukan dengan melakukan pemantauan dan peninjauan Bersama dinas-dinas terkait untuk mengantisipasi dan menangani potensi karhutla sejak dini. [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *