LayarBerita, Aceh Utara – Tim Dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh (FKIP Unimal) menggelar kegiatan edukasi pembuatan Bio Hand Sanitizer nanopolimer berbahan piper betle di MTsS dan MAS Syamsuddhuha, Aceh Utara.

Pelatihan yang bertemakan kegiatan edukasi pembuatan bio hand sanitizer nanopolimer berbahan piper betle tersebut diadakan pada Sabtu lalu itu, diikuti oleh sejumlah siswa siswi di MTsS dan MAS Syamsuddhuha.

Menurut ketua tim pengadbian, Agus Muliaman SPd, MPd, kegiatan tersebut bertujuan memberikan pengetahuan bagi siswa mengenai cara pembuatan hands sanitizer berbahan alami dan ramah lingkungan.

Selain itu, hand sanitizer nanopolimer dengan bahan alami lebih praktis dan ekonomis, karena menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cenderung murah.

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan agar siswa dapat membuat sendiri hand sanitizer dan menjadi langkah awal bagi siswa untuk bisa berwirausaha dengan memproduksi hand sanitizer tersebut,” ungkap Agus Muliaman, S.Pd., M.Pd. selaku ketua pelaksana kegiatan.

Bahan alami yang digunakan dalam pembuatan hand sanitizer ini adalah daun sirih (Piper Betle).  Daun sirih tersebut di ekstrak sebagai bahan dasarnya yang kemudian ditambahkan dengan jeruk nipis yang berfungsi sebagai antioksidan.

Menurut Juaini, S.Ag yang merupakan Kepala MAS Syamsuddhuha menyatakan, kegiatan pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat, mengingat tingkat kebutuhan hand sanitizer sangat tinggi di masa new normal.  Terlebih edukasi pembutan hand sanitizer yang diberikan menggunakan bahan-bahan alami dan mudah didapatkan. Para siswa juga sangat antusias selama kegiatan berlangsung untuk mengikuti materi pelatihan. [red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *