LayarBerita, Bener Meriah – Tim Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh (FKIP Unimal) mengadakan Pelatihan Google Form sebagai Media Multi-Fungsi bagi Guru di SMP Negeri 2 Wih Pesam, Bener Meriah, Selasa lalu, (16/11/2021).

Pelatihan yang bertemakan “Optimalisasi Google Form sebagai Media Multi-Fungsi Bagi Guru SMP Negeri 2 Wih Pesam di Masa New Normal” diadakan pada kamis (4/11/2021) dan diikuti oleh seluruh Guru SMP Negeri 2 Wih Pesam yang terletak di Kabupaten Bener Meriah. Begitu pernyataan Abdullah SE M Pd (Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Wih Pesam) kepada media, Selasa (16/11/2021).

Menurut beliau Pelatihan Optimalisasi Google Form seperti ini sangat dibutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan guru yang diharuskan menggunakan Blanded Learning pada pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 dan juga untuk persiapan guru dalam menghadapi Revolusi Industri 5.0.

Penggunaan media berbasis jaringan seperti ini memang menjadi tuntutan bagi guru di Era Revolusi 4.0. Selain cara penggunaannya yang mudah Google Form juga free untuk diakses. Google Form itu sendiri adalah layanan yang disediakan oleh google sehinnga pengguna tidak perlu lagi mendownload seperti aplikasi-aplikasi lainnya.

Menurut Ayu Rahmi, SPd, MPd merupakan ketua pelaksana kegiatan menyatakan “pelatihan ini merupakan salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi yang bekerja sama dengan SMP Negeri 2 Wih Pesam.

Selanjutnya Ayu Rahmi, S.Pd.,M.Pd. menyatakan bahwa “Penggunaan Google Form dalam pembelajaran memang bukan Hal baru tetapi masih banyak guru yang menganggap susah penggunaannya karena belum terbiasa dan belum sepenuhnya paham. Dengan adanya pelatihan ini Kami mengharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menggnakan Google Form”

Dalam kegiatan ini melibatkan beberapa dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas malikussaleh, diantaranya Henni Fitriani SPd.I M.Pd, Faradhillah S.Pd, M.Pd dan Nur Octavia Deri ST, MT.

Beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi pengenalan tentang Google Form, membuat Form Pendaftaran, membuat Survey, membuat Soal Tes dan membuat Sertifikat dengan menggunakan Google Form.

Perwakilan guru SMP Negeri 2 Wih Pesam, Syamsiah, S.Pd. juga menyebutkan bahwa Pelatihan seperti ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh guru-guru. Selanjutnya beliau berharap pelatihan ini berkelanjutan. [Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *