Banyak orang yang bilang, harga rumah dijual di Jakarta hari ini sudah tidak mungkin terjangkau lagi untuk masyarakat berpendapatan rendah (MBR). Ya itu memang hal yang tidak bisa dipungkiri lagi.
Namun, ditidak terjangkauan harga jual yang ditawarkan, tidak sedikit masyarakat yang tetap menginginkan untuk memboyong hunian-hunian di Ibukota apalagi mereka yang beraktivitas di Ibukota. Bahkan hal tersebut juga menyangkut pada pencarian hunian mewah di Ibukota.
Tidak hanya hunian-hunian untuk kalangan menengah yang banyak diburu oleh para pencari properti, di Ibukota, rumah mewah dengan banderolan harga yang tinggi pun dikatakan masih banyak dicari. Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Jakarta mengatakan bahwa minat pencarian rumah dijual di Jakarta tipe mewah untuk segmen atas dinyatakan masih stabil.
Alasannya pun diketahui beragam, mulai dari lokasinya yang strategis dengan pusat perkantoran, bisnis, dan pemerintahan, hingga faktor prestise yang akan dimiliki pemukim yang tinggal di hunian tersebut.
Jika Anda adalah golongan yang berminat untuk memboyong hunian mewah di Ibukota, 3 wilayah ini adalah yang menyediakan hunian paling premium dibanding wilayah-wilayah lain di Jakarta.
Kelapa Gading
Nama Kelapa Gading sangat populer sebagai salah satu wilayah pemukiman terbaik di Ibukota. Dikembangkan oleh pengembang berkelas nasional, Summarecon Group, Kelapa Gading saat ini adalah salah satu wilayah yang menghadirkan harga rumah dijual di Jakarta dengan banderolan tinggi. Untuk harga per meter perseginya saja diketahui senilai 30 juta rupiah.
Semenjak keberadaan pengembangan pertama kalinya pada 1975, wilayah seluas 1,6 hektare telah menjadi sebuah kota mandiri yang dikelilingi oleh beragam tempat perbelanjaan dan area komersil.
Kelapa Gading sering disebut sebagai ‘Kepala Naga’ dalam pandangan fengshui, dimana menyediakan lahan bisnis yang sangat menguntungkan bagi siapapun yang ingin berbisnis di wilayah tersebut.
Jika dahulu kala satu-satunya akses paling cepat menuju wilayah di kotamadya Jakarta Utara ini adalah dengan Jalan tol, saat ini Kelapa gading juga dapat diakses dengan mudah dengan moda transportasi massal Light Rapid Transit dari pusat ibukota.
Menteng
Berlokasi di wilayah administratif Jakarta Pusat, sejak dahulu Menteng merupakan wilayah elite yang menawarkan beragam rumah dijual di Jakarta untuk kalangan ke atas. Area ini dikatakan menjadi wilayah tempat bermukimnya konglomerat perusahaan-perusahaan, duta besar dan pejabat-pejabat tinggi pemerintahan negara.
Tingginya harga jual per meter persegi di wilayah ini disebabkan karena letaknya yang super strategis dan sangat berdekatan dengan kawasan pemerintahan serta perkantoran di segitiga emas kawasan bisnis Ibukota. Tidak sampai 5 menit dari pemukiman, pemukim langsung sampai pada kawasan bisnis tersebut. Untuk harga rumah dijual di Jakarta di wilayah tersebut per meter persegi, Anda harus merogoh kocek 52 juta rupiah.
Selain berdekatan dengan kawasan-kawasan tersebut, kawasan Menteng juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang kehidupan sehari-hari yang prima. Mulai dari tempat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah dan universitas, sarana olahraga, hingga tempat berwisata dapat ditempuh kurang dari 10 menit. Lokasi ini turut dikelilingi dengan fasilitas transportasi umum massal seperti MRT, LRT, commuterline, dan transjakarta.
Pondok Indah
Jika banderolan harga tinggi di pusat adalah Menteng dan di Utara adalah Kelapa Gading, Jakarta Selatan juga memiliki wilayah yang tidak kalah tinggi harga jualnya. Wilayah tersebut adalah perumahan Pondok Indah. Tidak hanya di Jakarta Selatan, masyarakat ibukota pun mengetahui kawasan elite tersebut memiliki harga yang sangat fantastis dikarenakan wilayahnya yang memiliki label prestisius di Jakarta Selatan. Letaknya yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan dan kawasan bisnis di Jakarta Selatan yang membuat Pondok Indah menjadi pemukiman yang prestisius.
Sering disebut sebagai Beverly Hills nya Indonesia, hal ini dikarenakan Pondok Indah ditempati oleh masyarakat kalangan atas di Ibukota. Mulai dari konglomerat, ekspatriat, hingga selebriti menempati hunian-hunian elite disana.
Dibanding harga rumah dijual di Jakarta khususnya Jakarta Selatan, Pondok Indah membanderol harga per meternya pada kisaran 60 juta per meter persegi. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *