LayarBerita, Jakarta – Menjelang Kongres Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia ke XI yang akan digelar secara virtual 27-28 Februari 2021.  Terlihat dua pasangan bakal calon Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AJI, periode2021 – 2024 telah menyatakan siap maju. Bahkan kedua pasangan ini telah membuat deklarasi secara virtual.

Adapun kedua pasangan calon yang telah mendeklarasikan siap maju untuk ‘bertarung’ dalam Kongres AJI ke XI, adalah, Pasangan Sasmito Madrin (Ketua Bidang Advokasi) VOA.com berpasangan dengan Ika Ningtiyas (Korwil Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur) Freelance, serta Pasangan Revolusi Riza (Sekretaris Jendral) CNN Indonesia TV berpasangan dengan Dandy Koswaraputra (Ketua Bidang Pendidikan, Etik dan Profesi) Anadolu Agency.

Keempat calon di atas merupakan pengurus AJI Nasional pada periode saat ini. Bahkan telah punya pengalaman serta kompeten di bidang jurnalistik dan berorganisasi tidak diragukan lagi.

Kedua pasangan, telah melakukan kampanye secara virtual dengan mengundang sejumlah perwakilan AJI Kota di seluruh Indonesia.  Tentunya kampanye serta dekarasi secara virtual ini dilakukan sehubungan dengan kondisi Pandei Covid-19.  Termasuk pelaksanaan Kongres AJI ke XI, kali ini harus dilakukan secara virtual.  Dimana seyogyanya rencana awal kongres akan di gelar secara tatap muka (offine).

Saat deklarasi, kedua pasangan juga dijejali sejumlah pertanyaan dari anggota AJI yang ada di seluruh Indonesia. Pertanyaan yang dilontarkan tentunya tidak terlepas dari tiga pilar utama visi misi AJI sejak awal berdiri, yakni  Perjuangan untuk mempertahankan kebebasan pers, meningkatkan profesionalisme jurnalis serta memperjuangkan peningkatan kesejahteraan pers. [red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *