LayarBerita, Nur-Sultan, Kazakhstan – KBRI Nur-Sultan berkolaborasi dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Library of the First President of the Republic of Kazakhstan-Elbasy, Кedutaan Besar Republik Kazakhstan di Jakarta, dan Children Art School-UNESCO Club Nur-Sultan, menyelenggarakan “Lomba dan Pameran Lukis Persahabatan” untuk anak-anak dan remaja Indonesia-Kazakhstan dalam rangka perayaan HUT ke-76 RI, HUT ke-30 Kemerdekaan Kazakhstan, serta 28 tahun Hubungan Diplomatik RI-Kazakhstan.

​​Kegiatan lomba yang diluncurkan sejak awal Juli 2021,  diikuti oleh sekitar 400 peserta dari Indonesia dan Kazakhstan.

Melalui seleksi ketat, Tim Juri telah memilih 15 pemenang dari Indonesia dan Kazakhstan, dan 30 karya terbaik masing-masing negara yang diikutsertakan dalam pameran lukis yang tengah berlangsung di Nur-Sultan dan juga di Jakarta.

Pengumuman pemenang dilaksanakan di gedung Library of the First President di Nur-Sultan, Jumat (15/10/2021) pekan lalu.

Acara penganugerahan penghargaan pemenang sekaligus pembukaan pameran yang digelar sederhana namun tetap meriah,  dihadiri oleh para peserta lomba dari Kazakhstan serta tamu undangan yang berasal dari kalangan diplomatik, Pusat Budaya, serta masyarakat umum.

Sejumlah peserta lomba dari Indonesia juga turut berkesempatan hadir secara virtual melalui aplikasi zoom.

Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan, Rahmat Pramono,  yang merupakan inisiator dari kegiatan lomba dan pameran ini, turut hadir memberikan sambutannya melalui rekaman video.

Secara live dari Jakarta, Kepala Perpustakaan Nasional RI, M. Syarif Bando, juga menyapa Direktur First President Library, Temirbolat Bakhytzhan, serta para tamu undangan yang hadir pada acara tersebut.

Sebagai gesture kerja sama, Kepala Perpustakaan Nasional menyampaikan lukisan bertema Tanah Lot dari pelukis Indonesia, Syafruddin, kepada Direktur First President Library, yang diwakilkan oleh KUAI KBRI Nur-Sultan, Sugeng Wahono.

​“Kolaborasi lima pihak ini merupakan kegiatan penting yang memiliki nilai simbolik bagi hubungan persahabatan Indonesia dan Kazakhstan. Melalui kegiatan kreatif yang menumbuhkan cinta terhadap seni dan apresiasi keragaman budaya di kalangan generasi muda ini, diharapkan jalinan pesahabatan antar-masyarakat di Indonesia dan Kazakhstan dapat tumbuh semakin erat dan publik di kedua negara dapat saling mengenal negara satu sama lain,” ujar Sugeng Wahono dalam sambutannya.

Pameran di First President Library, Nur-Sultan, masih akan berlangsung hingga tanggal 15 November 2021 mendatang.

Pameran yang sama juga akan digelar di Perpustakaan Nasional RI di Jakarta pada Desember 2021. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *