LayarBerita, Lhokseumawe – Komandan Kodim (Dandim) 0103/AUT, Letkol Arm Oke Kistiyanto, SAP, Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, SIK, MH dan Kasi Intel Korem 011/Lilawangsa, Mayor Inf Hendra Sari, meresmikan Tugu Pandawa Sakti Cekdim 0103/Aceh Utara.

Peresmian Tugu Pandawa Sakti tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh ketiga perwira yang merupakan lulusan (Abituren) Akademi Militer (Akmil) dan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2002, Selasa (21/9/2021).

Pada kesempatan itu, Letkol Arm Oke Kistiyanto menyampaikan bahwa Tugu Pandawa Sakti ini mulai dibangun beberapa bulan yang lalu oleh prajurit TNI Kodim 0103/Aceh Utara, berlambangkan Batu berwarna coklat yang berbentuk Baret dan juga Rencong.

Dijelaskan Dandim, batu yang berbentuk Baret mengandung makna kekerasan mental dalam menghadapi berbagai macam tugas. Rencong yang merupakan senjata khas Aceh dimana senjata itu dapat gunakan untuk menghadapi lawan/musuh dimedan pertempuran. Sedangkan warna Coklat mengandung makna Tanah, dimana semua berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah.

“Tugu Pandawa Sakti ini kita bangun sebagai motivasi dan dapat menjadi simbol kebanggaan, menumbuhkan rasa kekompakan dan memperkuat rasa kecintaan terhadap satuan, sehingga diharapkan prajurit Kodim 0103/Aceh Utara pantang berbuat cela yang dapat merugikan diri pribadi dan satuan,” sebut Dandim.

Selain itu, tambah Dandim, keberadaan Tugu Pandawa Sakti di Lapangan Sudirman yang merupakan salah satu sentral sarana olahraga, diharapkan juga dapat menumbuhkan semangat dan motivasi para pemuda dan pemudi yang bercita-cita manjadi anggota TNI dan Polri.

“Harapan kami Tugu Pandawa Sakti ini dirawat, dijaga sebagai momentum dimana kita pernah berkarya,” harap ketiga perwira Abituren Akmil dan Akpol 2002 tersebut. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *