LayarBerita, Siak –  Dampak kabut asap yang semakin pekat, panitia terpaksa menunda etape III Tour de Siak.  Sehingga para pembalap terpaksa kembali,  meski sebelumnya sempat mengambil start dan melaju hingga sejauh 20 Km.

Pimpinan pertandingan Sondi Sampurno, mengambil sikap untuk menghentikan lomba, saat di daerah Tambak Rejo, Kecamatan Mempura. Penghentian ini tidak lain untuk mengingat akan kesehatan para atlet yang sebagian sudah mengeluh karena matanya perih.

“Karena kabut asap kian menebal, Kami mengambil tindakan cepat sebelum terjadi permasalahan yang begitu serius,” ujar Sondi Sampurno kepada awak media, Sabtu (21/9/2019).

Lanjut Sondi, setelah mendapatkan instruksi bahwa Etape III harus segera dibatalkan,  personelnya yang berada di depan para pebalap mengangkat bendera merah, sebagai simbol informasi kepada seluruh pembalap bahwa perlombaan dihentikan.

“Ini faktor alam, dan satu hal yang biasa menggagalkan pertandingan ini sama halnya jika terjadi hujan petir, gempa atau banjir,” jelasnya.

Menyangkut penyelenggaraan etape IV, dirinya belum bisa memastikan. Menurut Sondi Sampurno, jika besok kondisi kabut asap masih separah hari ini, pihaknya akan mengambil keputusan yang sama.

Sejauh ini, perhelatan Tour de Siak 2019, hanya baru berlangsung dua etape, dan juaranya ditentukan dari dua etape yang telah berlangsung.

“Kita akan melaporkan seluruh jalannya Tour de Siak tahun ini kepada UCI,” pungkas Sondy. [Sugianto]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *