LayarBerita.com – Semua orang bisa terkena kutu rambut, karena penyakit ini mudah sekali menular. Namun, jangan khawatir. Ada berbagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya yang bisa Anda lakukan, baik dengan cara alami maupun dengan pengobatan medis.

Kutu rambut adalah serangga parasit yang hidup di kulit kepala. Kutu rambut dapat berkembang biak dan menghasilkan telur-telur yang biasanya akan dibiarkan menempel pada batang rambut hingga menetas.

Infeksi kutu rambut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena bisa menyebabkan rasa geli, gatal, dan luka kemerahan di kulit kepala. Oleh sebab itu, kutu rambut dan telurnya perlu diatasi dengan cara yang tepat.

Tips Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

Cara utama untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya adalah dengan menggunakan sisir serit. Sisir serit merupakan sisir bergigi halus dan rapat yang memang dibuat khusus untuk membersihkan kutu rambut.

Kendati demikian, Anda juga bisa menggunakan bermacam-macam bahan untuk membantu memerangkap kutu pada sisir serit, seperti:

1. Kondisioner

Mengoleskan kondisioner pada rambut lalu menyisirnya dengan sisir serit merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya.

Cara ini juga mudah dilakukan, dan berikut adalah langkahnya:

  • Cuci rambut dengan sampo hingga bersih.
  • Oleskan kondisioner pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala.
  • Sisir rambut selagi basah menggunakan sisir serit, mulai dari akar hingga ujung rambut.
  • Bersihkan kutu, telur, atau kotoran yang terperangkap pada sisir serit dengan memasukannya ke dalam wadah berisi air hangat.

Lakukan penyisiran basah ini secara rutin, yaitu 2−3 kali seminggu, hingga kutu rambut dan telurnya benar-benar hilang.

2. Minyak zaitun atau minyak almond

Menyisir rambut dengan sisir serit yang dioleskan minyak zaitun atau minyak almond juga bisa Anda jadikan cara untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Berikut adalah langkahnya:

  • Oleskan minyak zaitun atau minyak almond pada rambut.
  • Pisahkan dan jepit rambut menjadi beberapa bagian.
  • Sisir setiap bagian rambut menggunakan sisir serit, mulai dari akar rambut hingga ujungnya.
  • Bersihkan kutu, telur, atau kotoran yang terperangkap pada sisir serit dengan memasukannya ke dalam wadah berisi air hangat.
  • Setelah selesai menyisir rambut, cucilah rambut dengan sampo hingga bersih.

Ulangi cara ini setiap hari hingga kutu rambut dan telurnya benar-benar hilang sepenuhnya.

3. Minyak esensial

Sejumlah minyak esensial telah terbukti efektif untuk membantu mengatasi kutu rambut dan telurnya. Contohnya adalah tea tree oil, minyak lavender, minyak nimba, minyak cengkeh, minyak kayu putih, minyak mentol, minyak kayu manis, dan minyak pala.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan saat hendak menggunakan minyak esensial untuk membasmi kutu rambut dan telurnya:

  • Campurkan 4 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa dengan 15–20 tetes minyak esensial.
  • Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan seluruh permukaan rambut, lalu diamkan selama 12–24 jam. Jika Anda ingin mengoleskannya di malam hari sebelum tidur, Anda bisa menggunakan shower cap.
  • Setelah didiamkan, sisirlah rambut mulai dari akar rambut hingga ujung rambut dengan sisir serit.
  • Bersihkan kutu, telur, atau kotoran rambut yang terperangkap pada sisir serit dengan memasukannya ke dalam wadah berisi air hangat.
  • Cuci rambut dengan sampo hingga bersih.

Lakukan cara ini hingga rambut Anda bebas dari kutu dan telurnya.

4. Obat kutu

Menghilangkan kutu dan telurnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat kutu yang bisa Anda beli secara bebas tanpa resep dokter, baik di apotek atau supermarket. Obat kutu ini umumnya tersedia dalam bentuk losion atau semprotan.

Untuk mengatasi kutu dan telurnya dengan obat, ikutilah petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan obat. Namun, selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan obat kutu, antara lain:

  • Hindari menggunakan kondisioner sebelum menggunakan obat kutu.
  • Gunakan sisir serit untuk membersihkan kutu dan telurnya dari rambut setelah 8–12 jam penggunaan obat kutu.
  • Hindari mencuci rambut selama 1–2 hari setelah menggunakan obat kutu.

Apabila setelah 2 hari penggunaan obat, kutu terlihat masih aktif dan tidak mati, ini berarti obat yang Anda gunakan tidak bekerja dengan baik. Jika demikian, konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Dokter mungkin akan meresepkan obat antiparasit untuk mengatasi infeksi kutu, seperti ivermectinpermethrinspinosad, atau malathion.

Sebaliknya, jika setelah 3 minggu perawatan, baik dengan pengobatan alami maupun medis, sudah tidak terlihat kutu yang hidup, itu artinya Anda sudah sembuh dari infeksi kutu rambut. Walau terkadang cangkang telur kutu masih tertinggal, lama-kelamaan cangkang telur tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Perlu diingat bahwa kutu rambut sangat mudah menular. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa kutu rambut dan telurnya sudah terbasmi tuntas dan mencegahnya agar tidak kembali lagi, orang yang tinggal sekamar atau serumah dengan Anda juga perlu melakukan langkah-langkah di atas untuk menghilangkan kutu rambut. (AloDokter.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *