LayarBerita, Aceh Utara – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyerahkan 18 ekor lembu kurban yang disebar ke dayah-dayah, masjid dan gampong (desa-red). Hewan kurban tersebut berasal dari SKPK-SKPK jajaran Pemkab Aceh Utara, dilaksanakan atas inisiatif Bupati H Muhammad Thaib dan Wakil Bupati Fauzi Yusuf.

Berikut sebaran hewan kurban SKPK jajaranPemkab Aceh Utara:

  1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak 3 ekor sapi, masing-masing 1 ekor sapi untuk Dayah Malikussaleh Gampong Rawang Itek, Kecamatan Tanah Jambo Aye), Masjid Raya Pase Pantonlabu dan Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon.
  2. Dinas Kesehatan sebanyak 2 ekor sapi untuk Dayah Madinatuddiniyah Paloh Gadeng dan untuk Masjid Besar Bujang Salim Krueng Geukueh.
  3. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman sebanyak 2 ekor sapi untuk Masjid Nurul Iman Kecamatan Nibong dan Gampong Alue Drien Kecamatan Lhoksukon.
  4. Dinas PUPR sebanyak 2 ekor sapi untuk Gampong Hueng, Kecamatan Tanah Luas dan Gampong Keutapang, Kecamatan Lhoksukon.
  5. Rumah Sakit Umum Cut Meutia sebanyak 1 ekor sapi untuk Dayah Darul Huda Lueng Angen, Kecamatan Langkahan.
  6. Dinas Pertanian dan Pangan sebanyak 1 ekor sapi untuk Lingkungan IV Kampung Baru Kuta Lhoksukon.
  7. Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan sebanyak 1 ekor sapi untuk Dayah Raudhatul Maarif Cot Trueng, Kecamatan Muara Batu.
  8. Dinas Kelautan dan Perikanan sebanyak 1 ekor sapi untuk Dayah Darul Ulum Gampong Paloh Kayee Kunyet, Kecamatan Nisam.
  9. Dinas Perhubungan sebanyak 1 ekor sapi untuk Gampong Ara, Kecamatan Syamtalira Aron.
  10. Dinas Penanaman Modal Transmigrasi dan Tanaga Kerja sebanyak 1 ekor sapi untuk Masjid Simpang Dama, Kecamatan Tanah Pasir.
  11. Dinas Pendidikan Dayah sebanyak 1 ekor sapi untuk Dayah Mampre, Kecamatan Syamtalira Aron.
  12. Sekretariat DPRK sebanyak 1 ekor sapi untuk Dayah Darul Muttaqien Gampong Matang Tunong, Kecamatan Lapang, dan
  13. Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Utara sebanyak 1 ekor sapi untuk Masjid Baitul Taqwa, Kecamatan Lapang.

Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib mengatakan, bantuan hewan qurban pada Hari Raya Iduladha 1442 H kali ini dilaksanakan di tengah-tengah deraan pandemi Covid-19. Oleh karena Pemkab Aceh Utara melaksanakan dengan mempertimbangkan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya mohon maaf tidak hadir ke tengah-tengah jamaah atau ke lokasi penyerahan hewan qurban, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Cek Mad, sapaan akrab Bupati, Rabu (21/7/2021).

Banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan saat ini, lanjut Cek Mad, akan tetapi kemampuan Pemkab Aceh Utara sangat terbatas. Pada tahun-tahun sebelumnya jumlah bantuan hewan qurban bahkan mencapai puluhan ekor, bahkan ada ASN yang mampu berqurban sendiri satu ekor lembu disalurkan melalui Pemkab Aceh Utara.

“Kita harapkan pada tahun-tahun mendatang kondisi ini akan segera pulih, deraan Covid-19 segera berakhir, dan kita kembali pada kehidupan yang normal, roda pemerintahan juga kembali normal seperti sediakala,” ungkap Cek Mad.

Penyerahan hewan kurban Pemkab Aceh Utara diantar langsung oleh pejabat dari masing-masing dinas ke lokasi bantuan sejak Senin (19 Juli 2021), ungkapnya. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *