LayarBerita, Banda Aceh – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Coronavirus Disease 2019 (Covid-19),  Saifullah Abdulgani kembali menginformasikan progres vaksinasi tenaga Kesehatan (Nakes) di Provinsi Aceh berdasarkan data per tanggal 20 Februari 2020. Sejauh ini sebanyak 48.347 orang Nakes sudah disuntik vaksin Sinovac dosis pertama dari target sasaran 56.470 orang.

“Progresnya sangat baik. Secara umum cakupan vaksinasi Nakes Aceh sudah mencapai 85,3 persen. Bahkan, tiga daerah sudah melampaui target,” ujar SAG Minggu (21/2/2021).

Sambung SAG, tiga daerah yang sudah lampaui target sasaran awal vaksinasi Nakes meliputi Kabupaten Aceh Barat, Aceh Besar dan Kota Langsa. Target awal vaksinasi Nakes di Aceh Barat sebanyak 1.849 orang. Nakes yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 2.092 orang atau 113,1%.

Aceh Barat dibuntuti Aceh Besar yang telah memvaksinasi Nakesnya sebanyak 2.555 orang dari target awal sebanyak 2.521 orang. Cakupan vaksinasi Aceh Besar sudah mencapai 101,3 persen. Sementara Nakes di Kota Langsa sudah divaksin sebanyak 1.467 orang dari target 1.457 orang, sehingga cakupannya sudah 100,7 persen.

“Target awal terlampaui karena Nakes yang sebelumnya bukan target vaksinasi vaksin Covid-19 karena memiliki penyakit komorbid, para penyintas yang sembuh dari Covid-19, ibu menyusui, orang usia lanjut, kini direkomendasikan ikut vaksinasi juga,” tuturnya.

Kemudian ia mengatakan, selain Aceh Barat, Aceh Besar, dan Kota Langsa, yang cakupan vaksinasi Nakes sudah di atas target awal, ada 16 kabupaten/kota di Aceh yang cakupannya sudah di atas 75 persen.

Enam belas kabupaten/kota tersebut secara berurutan dari yang paling tinggi yaitu Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Timur, Banda Aceh, Sabang, Aceh Jaya, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Nagan Raya, Aceh Tamiang, Simeulue, Lhokseumawe, Aceh Barat Daya, Aceh Utara, Gayo Lues, dan Bireuen, rincinya.

Sementara itu, lanjut SAG, ada empat kabupaten/kota cakupannya masih di bawah  75 persen meliputi Aceh Tenggara, Pidie, Bener Meriah, dan Subulussalam. Progres vaksinasi di empat daerah ini terus meningkat. Kondisi per 20 Februari 2021 cakupan paling rendah saat ini Kota Subulussalam, masih 64,3 persen.

“Nakes yang memenuhi syarat segera melakukan vaksin Covid-19, kecuali secara medis memang masih harus ditunda,” imbau SAG. [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *