LayarBerita, Lhokseumawe – Setelah sukses menyelenggarakan ICOSINE-1 di Sabang tahun 2018, ICOSINE-2 tahun 2019 di Malaka, Malaysia dan ICOSINE-3 tahun 2020 secara virtual. Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) sebagai Perguruan Tinggi Vokasi Negeri (PTVN) yang memiliki visi MANUNGGAL (Mandiri, Unggul dan Berdaya Saing Global), untuk keempat kalinya tahun ini akan menghelat Internasional Conference on Science and Innovated Engineering (ICOSINE-4).

Ketua Panitia ICOSINE-4, Dr. Nelly Safitri, M.Eng.Sc. mengatakan, ICOSINE-4 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 November 2021 secara virtual via ZOOM dengan mengangkat tema “Challenging Polytechnic Education in Facing the Trend of Applied Artificial Intelligence and Cyber Technology” dengan menggandeng Optical Society of Malaysia (OSM) organisasi asal negeri jiran Malaysia yang aktif mengelola aktivitas riset, seminar, inovasi, iklan, dan publikasi dalam bidang optik sebagai Co-Host, ditambah dengan Universitas Abulyatama, Banda Aceh.

“Empat narasumber ternama dari dalam dan luar negeri akan mengisi penyampaian materi sesuai dengan tema ICOSINE 2021 kali ini,” ujar Nelly Safitri.

Adapun keempat narasumber tersebut, Prof. DR. Sulaiman Wadi (Electrical Eng./Photonics and Fiber-Optic Devices, Universiti Malaya, Malaysia),  Prof. Nizamettin AYDIN (Computer Sciences Department, Faculty of Electrical & Electronics, Yıldız Teknik Üniversitesi, Turki), Assoc. Professor Syafiie Syamaun (Chemical and Materials Engineering Department King AbdulAziz University, Jeddah, Kingdom of Saudi Arabia), dan Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. (Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya – PENS, Indonesia), jelasnya.

Alumni PNL dan Curtin University of Technology Western Australia ini menambahkan, ruang lingkup konferensi tahun ini meliputi bidang sains diantaranya Chemistry, Mathematic, Physics, Innovative Technology, Food Technology, Green and Social Innovation, serta bidang Teknik, meliputi Chemical Eng., Civil Eng., Electrical Eng., Environmental Eng., Mechanical, Eng., and Computer science.

“ICOSINE-4 tahun ini akan dibuka oleh Direktur PNL Rizal Syahyadi secara virtual ZOOM. Seharusnya kita laksanakan di luar negeri Bangkok atau Veitnam. Mengingat kondisi masih pandemi, sehingga belum memungkinkan untuk diselenggarakan secara normal atau tatap muka. Sedangkan penyerahan full paper akan tetap kita buka sampai hari 31 Oktober 2021, serta Deadline Registration and Payment sampai tanggal 10 November 2021,” terangnya.

Nelly melanjutkan, untuk publikasi prosiding, PNL bekerja sama dengan AIP Conference Proceeding. Hal ini sukses dijalankan pada ICOSINE tahun lalu yang berhasil menerbitkan hampir seluruh karya tulis ilmiah yang dipresentasikan dalam ICOSINE 2020. Dan, semua karya ilmiah tersebut terindeks dalam basis data Scopus.

“Besar harapan kami Sivitas Akademika PNL dan Panitia Pelaksana agar ICOSINE 2021 kali ini sukses mencapai angka artikel diatas 100 seperti kesuksesan acara dan jumlah paper yang diraih the 3rd ICOSINE tahun lalu (artikel berhasil terbit dalam AIP conference proceeding sebanyak 122 artikel),” jelasnya.

Diakhir penyampaiannya, Nelly mengatakan bahwa untuk peserta yang mau mendaftar sebagai peserta ICOSINE 2021 dapat diakses melalui email panitia pelaksana icosine@pnl.ac.id. [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *