LayarBerita, Aceh Utara – Dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Gampong Keude Krueng, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara.  Kegiatan ini bertujuan memanfaatkan limbah biomassa berupa kayu, ranting dan pelepah untuk dijadikan bahan bakar untuk memasak di dapur.

Latar belakang dari kegiatan PkM ini, mengingat harga bahan bakar LPG yang terus mengalami kenaikan dan berkurangnya pasokan gas bersubsidi untuk masyarakat.  Oleh karena itu diharapkan kompor roket menjadi alternatif untuk mengantisipasi kelangkaan terhadap bahan bakar fosil.

Tim PkM ini diketuai oleh Ahmad Nayan, ST., MT dan beranggotakan Dr. Adi Setiawan, ST., MT. Asnawi, ST., M.Sc dan  Deassy Siska, S.Si., M.Sc, Minggu, 7 November 2021.

Masyarakat diberikan pelatihan tentang kompor roket ramah lingkungan karena proses pembakaran yang terjadi lebih baik, dibanding tungku biomassa tradisional. Untuk demo dan uji penggunaan kompor, dilaksanakan dengan memasak mie dan masyarakat bisa langsung praktik dan menikmati masakan.

Kegiatan ini telah menarik perhatian masyarakat Gampong Keude Krueng yang dengan antusias menyaksikan dan menunggu hingga makanan siap disaji.   Selama proses pelatihan berlangsung, tim PkM juga melakukan evaluasi terhadap respon peserta dan saran serta harapan untuk perbaikan ke depan.

Tim PkM Unimal mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebermanfaatan limbah kayu ranting. [red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *