LayarBerita.com – Tak hanya terasa sakit, gusi bengkak juga bisa membuat penderitanya sulit makan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang dapat Anda coba, menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Gusi bengkak merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang umum terjadi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti menyikat gigi terlalu keras, penumpukan plak, kekurangan vitamin B dan vitamin C, atau infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Meski terlihat ringan, keluhan gusi bengkak sebaiknya tidak didiamkan hingga berkepanjangan. Diperlukan langkah penanganan awal untuk meredakan pembengkakan dan gejala yang menyertainya.

Beberapa Cara Mengobati Gusi Bengkak di Rumah

Gusi bengkak yang bersifat ringan dapat diatasi menggunakan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati gusi bengkak yang dapat Anda coba lakukan:

1. Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengobati gusi bengkak. Anda bisa membuat larutan garam dengan mencampur setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

Selanjutnya, Anda dapat berkumur dengan larutan tersebut selama 30 detik, sebanyak 3 kali sehari. Namun, jangan terlalu sering berkumur dengan larutan garam karena dapat menyebabkan gigi mudah terkikis.

2. Berkumur dengan minyak nabati (oil pulling)

Berkumur dengan minyak nabati, seperti minyak kelapa, juga diketahui dapat meredakan pembengkakan pada gusi karena mengandung asam laurat yang bersifat antiradang dan antibakteri. Metode ini dikenal dengan sebutan oil pulling.

Caranya pun sama seperti Anda berkumur dengan air garam. Ambil 1–2 sendok minyak nabati, lalu berkumurlah selama beberapa detik. Namun, Anda perlu berhati-hati agar minyak kelapa tidak tertelan. Setelah selesai berkumur, buang minyak dan bersihkan mulut Anda dengan air atau menyikat gigi.

Bagi Anda yang belum pernah melakukannya, akan muncul rasa tidak nyaman akibat sensasi berminyak di mulut Anda.

3. Mengompres menggunakan kantong teh

Anda juga bisa menggunakan kantong teh untuk mengobati gusi bengkak. Caranya, seduh kantong teh di dalam secangkir air panas, kemudian angkat dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, tempelkan langsung ke gusi yang bengkak dan tunggu setidaknya selama 5 menit.

Beberapa jenis teh yang bisa Anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak adalah teh hitam, teh hijau, maupun teh herbal seperti chamomile. Jenis teh tersebut bersifat antiinflamasi sehingga diketahui dapat meredakan pembengkakan.

4. Berkumur air rebusan daun jambu biji

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun jambu biji memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang baik untuk mengatasi gusi bengkak. Anda bisa menumbuk 5–6 lembar daun jambu biji muda, kemudian masukkan ke dalam air panas dan masak dengan api kecil selama 15 menit.

Setelah dingin, tambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan jambu biji dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Ulangi proses ini sebanyak 2–3 kali sehari.

5. Mengoleskan bubuk kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan masakan yang dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Hal ini karena kunyit mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi pembengkakan pada gusi.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit ini, Anda dapat menggunakan bubuk kunyit yang dicampur dengan sedikit air hangat, lalu aduk sampai berubah menjadi adonan yang kental.

Oleskan kunyit yang telah mengental tersebut pada gusi dan diamkan selama 10 menit, kemudian kumur dengan air. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali sehari hingga sakit pada gusi mereda.

Beberapa bahan rempah lain yang juga bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak adalah cengkeh. Cengkeh mengandung pereda nyeri alami dan juga bersifat antibakteri.

Anda bisa menggunakannya dengan cara menempelkan gumpalan kapas yang telah dibasahi dengan minyak cengkeh atau dengan menempelkan cengkeh kering di antara gusi yang sakit dan pipi bagian dalam.

Beberapa cara mengobati gusi bengkak di atas dapat Anda lakukan di rumah jika keluhan yang Anda alami masih bersifat ringan.

Namun, jika keluhan gigi bengkak tidak segera membaik dan disertai dengan beberapa gejala, seperti gusi berdarah atau bernanah, bau mulut, dan gigi goyang, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (AloDokter.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *