LayarBerita, Banda Aceh – Dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan aplikasi iPustakaAceh 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Arpus) Aceh menjalin kerja sama dengan Puslatbang Khan LAN RI, Jumat (17/9/2021).

Melalui kerja sama tersebut, nantinya karya dan tulisan milik LAN RI juga dapat diakses lewat aplikasi iPustakaAceh.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Dr. Edi Yandra, S.STP, MSP mengatakan, kerja sama itu merupakan salah satu bentuk pengembangan perpustakaan di era digital dan pemanfaatan teknologi agar dapat dijangkau masyarakat luas di manapun berada.

“Teknologi informasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan global, hampir setiap lembaga termasuk perpustakaan berlomba untuk mengintegrasikan teknologi informasi untuk membangun dan memberdayakan seluruh sumber daya yang berbasis pengetahuan agar dapat bersaing dalam era global,” ujar Edi Yandra.

Ia menambahkan, untuk memaksimalkan dan menjangkau masyarakat luas, maka pihaknya menjalin kerja sama dengan Puslatbang Khan LAN RI. Sehingga bahan yang ada di iPustakaAceh 2019 lebih lengkap dan bervariasi.

“Penandatanganan kerja sama ini akan dilanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu proses entri data atau mengupload koleksi e-book yang dimiliki pihak Puslatbang Khan LAN RI ke dalam sebuah kamar pada iPustakaAceh 2019, setelah itu seluruh koleksi e-book tersebut dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat,” tambahnya.

Sementara Itu Kepala Puslatbang Khan LAN RI, Ir. Faizal Adriansyah, M.Si, mengatakan, kerja sama ini merupakan sebuah kerja nyata dalam mencerdaskan masyarakat dan berbagi ilmu, sebab tulisan – tulisan dan buku yang dimiliki Puslatbang Khan LAN RI memuat informasi-informasi penting mengenai pemerintahan.

“Tulisan-tulisan itu berisi terobosan -terobosan inovasi di bidang administrasi pemerintahan, kemudian ada tulisan peserta PKA ( Pelatihan Kepemimpinan Administrator) ini semua sumber-sumber ilmu yang bisa digali dan sangat bermanfaat,” ujarnya.

Untuk pengembangan dan pemanfaatan platform perpustakaan digital Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh bertekad ke depannya dapat menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga, termasuk swasta maupun universitas. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *