LayarBerita, Pekanbaru – Bidang Humas Polda Riau bersama Wartawan Mitra Polda Riau (WMPR) mengggelar aksi sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19. Adapun bakti sosial dengan menyalurkan sebanyak 250 paket Sembako ke berbagai penjuru di Pekanbaru.

Bertajuk Humas-WMPR “Peduli Sesama Saat Pandemi”, pelepasan bantuan Sembako ini dilakukan Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, Sabtu pagi 18 September 2021, di Jalan Bima Pekanbaru.

Sebelum itu, Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Tabana Bangun, Karo SDM Komisaris Besar Joko Setiono, Kabid Propam Komisaris Besar Gatot Sudjono serta Kabid Humas Komisaris Besar Sunarto yang hadir, secara simbolis menyerahkan bantuan kepada perwakilan warga yang berhak menerima bantuan.

Selanjutnya, Sembako ini dibawa memakai sepeda motor oleh sejumlah wartawan dan kendaraan operasional Polda Riau.

Sunarto menjelaskan, pembagian Sembako ini merupakan ide wartawan dan personel Humas Polda Riau. Setelah dilakukan beberapa kali pertemuan, akhirnya pembagian tersebut terlaksana.

“Ini dari kami, Bid Humas dan WMPR berkolaborasi sebagai rasa peduli terhadap warga terdampak Covid-19,” ujar Sunarto.

Sunarto menjelaskan, 250 paket Sembako ini disalurkan ke panti jompo, 2 panti asuhan dan ratusan warga terdampak Covid-19 di berbagai kecamatan.

Kegiatan ini, selain melibatkan wartawan sebagai penyalur, juga dibantu dengan personel Bhabinkamtibmas di beberapa Polsek. Bhabinkamtibmas dinilai paling tahu kondisi warga di wilayahnya.

Sunarto berharap kegiatan ini menjadi ladang amal bagi personel Humas dan WMPR. Kegiatan ini juga diharap menggugah pihak lain saling bahu membahu dan membantu warga terdampak Covid-19.

“Semoga menjadi ladang amal bagi kita semua, terimakasih kepada PJU yang hadir melepas pembagian sembako ini,” kata Sunarto.

Adapun sumber keuangan dari bantuan Sembako dilakukan secara swadaya dan tidak melibatkan pihak luar. Personel Humas Polda Riau dan anggota WMPR menyisihkan pendapatannya agar kegiatan ini terlaksana.

Sementara itu, Kapolda Riau menyatakan Covid-19 banyak merubah kehidupan masyarakat. Dalam aspek sosial dan ekonom, pemenuhan kebutuhan sehari-hari tidak berjalan baik.

Pembagian Sembako ini, tambah Agung, sebagai upaya meringankan beban warga terdampak di Riau. Kegiatan ini juga sebagai tanda ketukan hati dan masih adanya rasa kemanusiaan.

Agung mengatakan, wartawan dalam menjalankan tugasnya tidak hanya menulis berita. Namun juga merasakan apa yang dilihat dan dirasakan masyarakat sehingga terbuka hati membantu sesama.

“Membuka hati saling bergandengan tangan untuk membantu mereka yang kurang beruntung,” jelas Agung.

Agung menjelaskan, 250 paket sembako jangan dilihat dari jumlah melainkan nilainya. Yaitu nilai keihklasan yang diaktualisasikan untuk menyisihkan rezeki kemudian berbagi.

“Mari tingkatkan, asah kemanusiaan sehingga menjadi bagian masyarakat bermanfaat, ini penting karena begitu banyak masyarakat lain yang belum terbuka hatinya,” ajak Agung.

Sambungnya, berharap kegiatan ini bejalan baik. Dia juga berpesan agar pembagian ini menerapkan protokol kesehatan karena Pekanbaru belum sepenuhnya terlepas dari Covid-19.

“WMPR silahkan lanjutkan kreasi yang bermanfaat bagi masyarakat ini,” ujar Agung.

Sebagai informasi, pembagian paket Sembako juga dilakukan di Sungai Siak. Memakai perahu bermesin dari Direktorat Kepolisian Air Polda Riau, Humas-WMPR membagikan sembako kepada warga yang ditemui di sungai. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *