LayarBerita, Riyadh – Beras premium asal Sragen, Jawa Tengah akan segera menembus pasar Arab Saudi. Beras premium produksi PT Banyu Bening Jaya tersebut resmi diekspor ke Arab Saudi, Rabu (16/6/2021).

Setibanya di Arab Saudi, perusahaan mitra, Batlah Cooperation for Operation and Maintenance akan bertindak sebagai distributor beras ini di pasar Arab Saudi.

Pada ekspor perdana berhasil dikirimkan 20 ton dari rencana total 1000 ton beras premium yang akan membawa pertambahan nilai perdagangan yang signifikan antara Indonesia dan Arab Saudi.

Kabupaten Sragen adalah lumbung padi peringkat ke-11 dalam skala nasional dan peringkat tiga di Provinsi Jawa Tengah.

Ekspor beras perdana diharapkan menjadi momentum bagi masuk dan dikenalnya produk-produk beras Indonesia di pasar Arab Saudi.

Keberhasilan ekspor ini merupakan hasil sinergi Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, Pemerintah Kabupaten Sragen dan Propinsi Jawa Tengah.

KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah selalu siap mendukung upaya Pemerintah Indonesia untuk peningkatan ekspor produk Indonesia ke Arab Saudi, terutama  upaya pemulihan ekonomi nasional pada kondisi pandemi saat ini.

Arab Saudi merupakan negara mitra dagang Indonesia yang menduduki peringkat ke-21 sebagai tujuan ekspor Indonesia.

Nilai ekspor non migas Indonesia ke Arab Saudi pada periode April 2021 mengalami peningkatan yang cukup baik, mencapai 5,94% apabila dibandingkan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya, dari USD 519,86 Juta menjadi USD 550,76 Juta. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *