LayarBerita Siak  –  Salah satu program Bupati Siak Afedri adalah meningkatkan derajat kesehatan  dan memudahkan masyarakat mendapat layanan kesehatan.  Untuk itu segala pembenahan dilakukan, termasuk membangun Puskesmas dengan standar pelayanan yang baik.

Seperti halnya, pada Kamis (18/2/2021) pagi, Bupati Siak Alfedri meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kampung Mengkapan, Sungai Apit, Kabupaten Siak.  Puskesmas yang dibangun tahun 2020 ini, melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp3,5 miliar, merupakan prototipe fisiknya sama dengan Puskesmas di daerah lain di seluruh Indonesia.

Dengan diresmikannya Puskesmas tersebut, menambah jumlah Puskesmas yang ada di Kecamatan Sungai Apit, yang semula satu saat ini menjadi 2 unit.  Yakni di ibukota kecamatan dan satunya di Kampung Mengkapan.

Bupati Siak Alfedri saat meresmikan Puskesmas yang megah ini melihat raut wajah masyarakat warga Mengkapan penuh ceriah. Pasalnya apa yang di harapkan selama ini telah terwujud.

“Kami melihat wajah masyarakat tersenyum, karena apa yang diharapkan selama ini, telah terwujud,” ujar Alfedri.

Ia menceritakan, dulu masyarakat Mengkapan, Rawa Mekar dan Teluk Lanus, jika sakit mau berobat ke Puskesmas yang letaknya di Sungai Apit, dan harus menempuh perjalanan yang cukup jauh.

“Saat ini bapak dan ibu tidak perlu risau untuk berobat. Puskesmas yang akan kita resmikan sesaat lagi, akan menjadi pusat pembangunan kesehatan bagi masyarakat, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di sini,” terangnya.

Puskesmas ini akan melayani rawat jalan bagi  masyarakat di 5 kampung, di Kecamatan Sungai Apit yaitu Kampung Mengkapan, Bunsur, Rawa Mekar, Sungai Rawa dan Teluk Lanus.  Tentunya kehadiran Puskemas ini membuat warga lebih cepat terlayani untuk perawatan kesehatan.

“Setelah ini, ibu/bapak tidak perlu jauh-jauh berobat, warga Teluk Lanus bisa berobat di sini. Setelah beroperasinya Puskesmas ini, tolong warga beri kritikan agar lembaga ini dapat berbenah,” tutupnya.

Alfedri menyadari, meski pelayanan kesehatan belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Namun Pemkab Siak, dari tahun-tahun terus berupaya melakukan peningkatan layanan kesehatan untuk masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Siak Raja Toni Candra menyampaikan,  keberadaan Puskesmas ini diharapkan mampu membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka kemampuan untuk hidup sehat. Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan masyarakat di wilayah kerjanya.

“Alhamdulillah pembangunannya terlaksana dengan baik, Kami ingin Puskesmas yang megah ini, mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik, dengan harapan derajat kesehatan dapat meningkat,” ungkapnya.

Hadir pada peresmian tersebut, Wakil Bupati Siak terpilih, Husni Mirza, Ketua DPRD Siak Fairus, anggota DPRD Siak Dapil Satu Kecamatan Sungai Apit, Zulfaini, H Syarif dan Selamat, Kepala Puskesmas ke kabupaten Siak, Kadis Kesehatan kabupaten Siak Raja Toni Chandra beserta staf tokoh masyarakat dan cerdik pandai yang ada di Kampung Mengkapan.

Dipenghujung acara Bupati Siak Alfedri didampingi Wakil Bupati Siak terpilih menyerahkan Kartu Sehat kepada warga tidak mampu dan menyerahkan satu unit ambulans yang diterima oleh Kepala Puskesmas Sungai Apit, dan dilanjut dengan peninjauan gedung Puskesmas. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *