Layarberita.com – Saat ini penjualan mobil bekas memang masih belum kembali bergairah seiring pandemi Covid-19, serta informasi tentang pajak 0% untuk pembelian mobil baru.  Namun demikian memang mobil bekas punya pasar tersendiri.

Tetapi pastinya, sebelumnya membeli mobil bekas ada beberapa faktor yang wajib diketahui oleh pembeli agar mendapatkan mobil bekas dengan kondisi terbaik.

Bagi Anda yang ini membeli mobil bekas, seperti dilansir autofun.co.id paling tidak ada 6 hal yang harus diperhatikan sebelum menjadikan mobil bekas sebagai kendaraan idaman, yakni:

  1. Mengetahui Harga Pasaran

Sebelum membeli mobil bekas, tentunya kita harus mengetahui berapa budget yang dimiliki. Setelah mendapatkan budget, kita dapat mencari mobil bekas yang sesuai dengan keinginan kita. Mungkin agar mengetahui kisaran harga mobil bekas, tidak ada salahnya kita mencari info terlebih dahulu melalui beragam aplikasi atau market place.

  1. Memilih Dealer Mobil Bekas

Saat mengetahui tipe mobil hingga kisaran harga yang sesuai dengan budget, langkah selanjutnya adalah mencari dealer mobil bekas. Pastikan dealer tersebut menyediakan mobil bekas tidak hanya satu buah untuk tiap tipenya. Tujuannya agar memiliki banyak pilihan atau mengetahui perbedaan setiap mobil yang kita inginkan. Dan sangat disarankan untuk melihat mobil bekas pada beberapa dealer agar memberikan perbandingan.

  1. Ketelitian

Saat mengunjungi dealer mobil bekas, usahakan ditemani oleh mereka yang mengerti atau paham dengan mobil keinginan kita. Pengetahuan mekanik yang kita bawa sangat penting agar mendapatkan mobil bekas dengan kondisi terbaik.

Konsetrasi bukan hanya tentang mesin tetapi juga wajib memperhatikan body atau eksterior,interior hingga kaki-kaki mobil bekas. Selain kaki-kaki, kita juga memperhatikan sektor chasis. Paling tidak mobil tidak pernah mengalami kecelakaan atau terbalik.

  1. Test Drive

Setelah mendapatkan mobil sesuai pilihan, langkah selanjutnya adalah menguji kemampuan mobil bekas dengan mengendarai di jalan. Dengan mengendarai mobil secara langsung, maka kita dapat memastikan berbagai performa dari mesin, sistem pengereman hingga bagian lainnya. Tujuannya adalah kita bisa mengetahui komponen pada mobil bekas yang membutuhkan perhatian khusus dengan tidak hanya sekedar melihatnya saja.

  1. Perawatan Berkala

Sebagai mobil bekas, tentunya kita wajib mengetahui latar belakang perawatan dari pemilik sebelumnya.  Semakin bagus perawatan yang pernah dilakukan oleh pemilik sebelumnya maka bisa dikatakan mobil bekas yang akan kita boyong dalam kondisi bagus.

  1. Surat – surat Lengkap

Setelah seluruh bagian dari mobil bekas yang dipilih memiliki kondisi prima, langkah selanjutnya adalah surat – surat dari mobil yang terdiri dari BPKP, STNK dan surat pendukung lainnya. Tidak ada salahnya mengecek surat melalui sistem online, agar mengetahui mobil bekas yang kita beli tidak mengalami masalah atau terkait tindak pidana.

Dengan berbagai hal yang telah dipastikan, tentunya harapan mendapatkan mobil bekas dalam kondisi prima. Dan yang terpenting dalam membeli mobil bekas, usahakan agar tidak terburu-buru dalam memilih, berbeda tipe yang menyesuaikan budget merupakan hal yang lumrah. [autofun]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *