LayarBerita, Siak – DPRD Kabupaten Siak menggelar rapat paripurna dengan agenda usulan pengesahan dan Pemberhentian Kepala Daerah Masa Jabatan Tahun 2016-2021, serta pengumuman Penetapan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Siak terpilih Tahun 2020.

Rapat ini dilaksanakan secara virtual yang berlangsung di ruang rapat DPRD Kabupaten Siak , Rabu (17/2/2021).  Paripurna ini diikuti oleh Bupati Siak terpilih H Alfedri dan Wakil Bupati Siak, H Usni Mirza, Sekda Siak Arfan Usman, beserta Ketua KPU kabupaten Siak, Bawaslu Siak, dan sejumlah anggota DPRD Siak.

Ketua DPRD Kabupaten Siak Azmi, didampingi Wakil Ketua Fairuz, dan Androy Ade Rianda dalam rapat tersebut menyampaikan, bahwa agenda sidang paripurna ini mengumumkan masa akhir jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021, sesuai amanah UU. Nomor 23 tahun 2014 pasal 79 tentang pemerintah daerah yang menegaskan, bahwa pemberhentian kepala daerah dan atau wakil kepala daerah yang berakhir masa jabatannya diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna, dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Riau.

“Pengusulan tersebut agar segera mendapatkan penetapan pemberhentian, juga telah diterimanya Surat Edaran dari Gubernur Riau perihal usul pemberhentian dan pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati hasil Pilkada serentak tahun 2020,” ucapnya.

Azmi juga menjelaskan, penyampaian hal tersebut merupakan tahapan penting, dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dan sebagaimana diketahui pemilihan kepala daerah pada pilkada serentak tahun 2020, telah berlangsung aman lancar dan damai.

“Setelah ditetapkan oleh KPU, maka berdasarkan surat dari KPU Kabupaten Siak  perihal pengusulan pengesahan, dan pengangkatan pasangan calon terpilih, maka dalam rapat paripurna ini diumumkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih yakni Alfedri –  Husni Merza sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih masa bakti 2021-2024,” jelasnya.

Ia menambahkan dalam agenda rapat tersebut DPRD Siak juga mengumumkan penetapan calon bupati dan wakil bupati, maka akan berakhir pula masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021.

“Kami sampaikan terimakasih yang setulus-tulusnya dan penghargaan atas pengabdiannya dalam membangun Kabupaten Siak, kepada Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021 yang dalam waktu dekat memasuki masa akhir jabatan, ” tutupnya.

Bupati Siak Terilih H Alfedri didampingi Wakil Bupati Siak H Usni Mirza ditemui usai rapat paripurna menyampaikan, setelah ditetapkan rapat Pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Siak terpilih, selanjutnya dilakukan rapat paripurna DPRD Siak.

“Hari ini Kami mengikuti rapat Paripurna DPRD Kabupaten Siak, tentang pengumuman berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati priode 2016-2021, sekaligus pengumuman penetapan calon wakil Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk di usulkan ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur, ini merupakan tahapan yang sangat penting,” ujar Alfedri.

Lanjutnya, setelah dilaksankan paripurna pengusulan ke Kementerian Dalam Negeri untuk diterbitkan SK. Ini merupakan tahapan dari proses Pilkada Serentak yang berlangsung tahun 2020 lalu.

“Insya Allah, Kami bersama pak Usni sebagai Bupati dan Wakil Bupati Siak terpilih, akan mempersiapkan diri untuk menjalankan amanah dengan baik.  Tentu sesuai visi misi janji politik kami, yang telah dituangkan dalam RPJMD dan Peraturan Daerah,” terangnya.

Secara konstitusional, pelantikan pejabat daerah dilaksanakan usai mengakhiri masa jabatan. Untuk Bupati Siak dan Wakil Bupati Siak priode 2016-2021 akan berakhir tanggal 19 Juni 2021.

“Tahapan sudah berjalan, tinggal kita akan menunggu keputusan dari Mendagri,  apakah dilaksanakan secara serentak atau yang dilaksanakan sekarang,” tutupnya. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *