Layarberita.com – Memilih karet wiper pada mobil, wajib sesuai dengan bentuk kaca depan mobil. Kemampuan wiper bukan hanya digunakan saat musim hujan, paling tidak saat menempuh perjalanan panjang debu di kaca mobil dapat terhapus. Guna wiper bukan hanya untuk kondisi hujan, tapi dapat menghapus butiran debu saat dalam perjalanan.

Tanpa pandangan yang bersih atau terhalang aliran air serta kaca buram, tentu sangat berbahaya. Untuk itu Anda harus memastikan kondisi karet wiper dan seperangkat bagian kerjanya harus dalam keadaan dapat digunakan dengan benar.

Namun jika memang karet wiper harus diganti, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut, seperti dilansir autofun.co.id :

Memastikan model karet wiper mobil

Saat ini, karet wiper mobil tersedia dalam model frameless dan konvensional (dengan bingkai). Memang karet wiper model frameless lebih disukai karena terlihat bagus dan ringan. Tetapi masih banyak yang berpendapat bahwa karet wiper mobil model konvensional lebih dapat menyapu kaca dengan bersih. Namun tentu Anda harus menyesuaikan dengan model yang terpasang pada mobil. Jika mencoba mengganti dari model konvesional ke frameless akan ada resikonya. Sapuan menjadi kurang bersih. Begitu pula sebaliknya.

Bentuk karet wiper mobil

Setelah mengetahui yang model karet wiper anda, selanjutnya Anda harus memastikan bawah bentuknya sama persis dengan sebelumnya. Hal ini karena setiap kaca mobil memiliki perbedaan lengkungannya. Kaca mobil modern sedikit memiliki lengkungan sehingga tidak bisa menggunakan karet wiper pada kaca mobil berbentuk rata.

Tujuannya agar tekanan pada kaca mobil oleh karet telah sesuai dan tidak terdapat bagian yang terlewatkan atau celah.

Ukuran karet wiper mobil

Dalam membeli karet wiper mobil, sebaiknya Anda mengetahui panjang dari yang terpasang pada mobil. Minimal dengan mengukurnya menggunakan alat bantu ukur agar Anda tidak rugi atau harus mondar-mandir karena menukarkannya.

Saat ini beberapa mobil model terbaru menggunakan karet wiper dengan panjang yang berbeda untuk bagian kanan maupun kiri. Jika panjangnya tidak sesuai dapat membuat kedua wiper saling terbentur. Selain itu, kinerja motor wiper juga menjadi berat dan mudah rusak.

Blade karet wiper

Setiap pabrikan pasti selalu mempromosikan produk mereka yang terbaik, namun Anda harus memastikan kemampuan dari blade karet wiper tidak akan merusak kaca atau membuat kaca tergores. Tekstur karet menjadi penentunya sehingga tidak ada salahnya anda merasakan apakah karet wiper tersebut telah sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda telah menemukan, pasangkan secara berhati-hati agar tidak merusak bagian sistem kerja wiper mobil. Ingat saat mencoba, usahakan kaca dalam keadaan basah. Selain itu mengetahui kemampuan dari karet wiper, Anda juga tidak merusak lapisan kaca mobil.

Namun jika anda ragu–ragu dalam mengganti karet wiper secara pribadi, tidak ada salahnya untuk datang ke bengkel langganan Anda. Paling tidak jika ada kendala pada wiper mobil dapat langsung diperbaiki. Dan harga karet wiper bukan patokan, tidak selamanya lebih mahal lebih bagus tetapi sesuai dengan kebutuhan dan tidak melakukan ubahan menjadi hal yang paling tepat.

Kembali kami ingatkan untuk selalu memastikan seluruh bagian mobil dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan. Jangan ragu untuk memperbaiki atau pun menggantinya. [autofun]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *