LayarBerita, Lhokseumawe – Jelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021, Pemko Lhokseumawe melakukan pemeriksaan kesehatan sejumlah hewan kurban yang dijual. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan hewan yang dikurbankan nanti dagingnya aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Untuk itulah Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKPPP) Kota Lhokseumawe  melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di beberapa titik peternak dan pedagang ternak di daerah tersebut.

Dari pemeriksaan di hari pertama, hewan-hewan kurban yang diperiksa tersebut diketemukan kondisinya sehat, dengan ciri nafsu makan tinggi, bulunya mengkilat, sudah cukup umur, hidungnya basah dan matanya jernih.

“Hasil pemeriksaan hewan kurban seperti sapi dan lainnya, disejumlah lokasi pedagang, terlihat semua layak konsumsi,” ujar Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPPP Kota Lhokseumawe, Meurah Jonharpie, Rabu (14/7/2021).

Lanjutnya, sejumlah hewan yang diperiksa hari itu oleh petugas, sudah memenuhi standar kesehatan untuk berkurban. Terlebih di Kota Lhokseumawe banyak peternak atau pedagang yang menyediakan hewan kurban termasuk untuk meugang.

“Hari ini pengecekan dilakukan pada 2 titik di Kecamatan Banda Sakti. Besok Kita lanjutkan ke Kecamatan Muara Dua, Blang Mangat dan Kecamatan Muara Satu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKPPP) Kota Lhokseumawe, Muhammad Rizal, menjelaskan ada sebanyak 2.405 ekor hewan kurban yang tersedia, yakni 65 ekor domba, 1.430 ekor kambing dan 910 ekor sapi.  Adapun petugas pemeriksaan berjumlah 12 orang untuk 4 kecamatan di Kota Lhokseumawe.

“Jumlah tersebut hasil pendataan yang tersedia di peternak dalam empat kecamatan. Jika permintaan tinggi, pedagang mendatangkan hewan dari Aceh Utara,” papar Rizal. [red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *