Layarberita.com –  Salah satu benda pribadi yang paling kotor adalah telepon selular yang selalu kita gunakan. Sebab benda ini kerap kita pegang dan dibawa ke sejumlah tempat.  Sehingga membersihkan ponsel bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus.

Tetapi Anda juga harus mempertimbangkan saat ingin membersihkan Ponsel.  Jangan sampai, niat untuk membersihkan HP malah merusaknya.

Dilansir dari laman uzone.id, CNET menyarankan untuk menghindari penyemprotan larutan alkohol pada telepon secara langsung atau menggunakan tisu antibakteri pada layar. Namun, tisu antibakteri dapat digunakan untuk membersihkan casing telepon.

Selain itu, menurut CNET, ada pula beberapa cairan atau benda yang tidak boleh dipakai membersihkan ponsel, seprti :

Sabun cuci piring dan sabun tangan

Kandungan sabun mungkin tidak terlalu keras dibandingkan cairan-cairan yang sebelumnya sudah dijabarkan. Cara terbaik menggunakan sabun adalah mencampurkannya dengan air. Namun Sebagian besar perusahaan ponsel menyarankan untuk menjauhkan air dari ponsel. Jadi, kalian tidak disarankan membersihkan ponsel dengan sabun.

Cuka

Cuka sangat tidak direkomendasikan untuk membersihkan ponsel. Cuka dapat mengupas lapisan layar ponsel. Kalian bisa menggunakan cuka yang sudah dicampur air dengan perbandingan 50:50 untuk membersihkan bagian lain dari ponsel.

Hand sanitizer

Karena beberapa hand sanitizer mengandung bahan seperti wewangian dan etanol, kalian perlu menjauhkan benda ini dari layar ponsel. Namun jika kalian menyentuh sesuatu di luar rumah, kalian harus membersihkan tangan sebelum memegang ponsel untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri.

Untuk hasil terbaik, kalian disarankan untuk menggunakan hand sanitizer hasil pabrikan daripada membuat sendiri, karena tidak terlalu efektif.

Pembersih jendela

Kalian mungkin membersihkan cermin atau jendela dengan cairan pembersih khusus. Meski mampu membersihkan cermin, bukan berarti cairan tersebut layak untuk ponsel kalian. Beberapa ponsel terbaru, seperti iPhone XR memiliki lapisan pelindung yang tahan air dan minyak yang dapat aus seiring waktu.

Pembersih dapur

Sifat tahan gores pada layar tidak akan mudah dihilangkan oleh cairan pembersih. Namun membersihkan ponsel dengan cairan tersebut tetap menimbulkan masalah. Itu sebabnya, Apple juga menyarankan untuk tidak menggunakan produk pembersih rumah tangga untuk membersihkan iPhone.

Tisu

Kalian mungkin membersihkan meja atau benda lain menggunakan tisu. Namun kalian perlu menjauhkan tisu dari ponsel. Tisu bisa membuat kotoran di ponsel jauh lebih buruk. Tisu toilet bahkan bisa meninggalkan goresan di layar ponsel kalian.

Makeup remover

Beberapa makeup remover mungkin mengandung bahan kimia yang terlalu keras untuk layar produk elektronik. Sebagai penggantinya, kalian disarankan untuk menggunakan kain lembut dengan sedikit air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *