Layarberita.com – Aki atau baterai adalah sebuah benda yang berguna untuk menyimpan daya listrik pada mobil atau kendaraan konvensional. Baterai berukuran besar yang umumnya terletak berdampingan dengan mesin ini memiliki peran yang sangat vital. Mengingat, jika tegangan listrik pada aki berkurang, maka mesin mobil tidak akan bisa menyala.

Dilansir autofun.co.id, salah satu cara untuk menghidupkan mesin ketika aki tekor yaitu memasukan gigi perseneling, mendorongnya, lalu melepaskan kopling. Jika masalah terjadi pada mobil matik, cara paling sederhana melakukan jumper dengan aki yang memiliki tegangan normal.

Untuk menghindari kurangnya tergangan listrik pada aki, kami ingin menyampaikan beberapa informasi mengenai cara mudah bikin aki mobil tetap awet.

Rajin Mengecek Kondisi Aki

Agar aki memiliki umur yang panjang, kalian harus selalu rajin untuk mengecek kondisinya. Jika aki yang digunakan adalah aki basah, kalian bisa melakukan pengecekan terhadap ketersediaan air aki.

Jika air aki dirasa kurang, tambahkan air aki sesuai dengan batas yang dianjurkan. Di sisi lain, kalian bisa pergi ke bengkel setiap empat atau lima bulan sekali untuk melakukan pengecekan aki secara berkala.

Hal ini dilakukan tentunya untuk memastikan kondisinya memang masih tetap prima atau tidak. Dengan cara seperti ini tentunya dapat membuat usia baterai lebih awet.

Jangan Pernah Nyalakan Musik Ketika Mesin Mati

Hal yang seringkali membuat aki mobil menjadi tekor ialah menyalakan musik ketika mesin mobil dalam keadaan mati. Tentunya hal seperti ini harus dihindari, karena sistem infotaiment sendiri memakan cukup banyak energi listrik.

Jika kebiasaan menyalakan musik disaat mesin mobil mati, dampak buruknya bisa menyebabkan aki mobil menjadi tekor dan umur aki menjadi pendek. Selain tidak disarankan untuk menyalakan musik ketika mesin mobil dalam kondisi mati, kalian juga jangan pernah melakukan pengisian baterai handphone dalam kondisi seperti ini.

Pastikan Semua Lampu Mobil Sudah Mati

Dengan sengaja membiarkan lampu mobil dalam kondisi menyala, bisa mengakibatkan aki mobil cepat cepat tekor. Ada baiknya, sebelum meninggalkan mobil selalu mengecek kondisi lampu mobil dalam keadaan mati. Jika kebiasaan ini selalu dilakukan, dapat dipastikan usia aki mobil akan panjang.

Posisi Aki Harus Selalu Kencang di tempatnya

Aki yang tidak terpasang dengan baik di tempatnya, bisa menyebabkan kerusakan pada elemen dan juga mengakibatkan arus pendek karena menempel dengan benda yang bisa menghantarkan arus listrik.

Cek Selalu Kondisi Altenator

Altenator atau biasa disebut dinamo ampere, berfungsi untuk mengisi daya listrik di mobil yang kemudiaan disimpan pada aki. Kondisi altenator yang tidak normal, bisa menyebabkan aki cepat rusak karena tidak adanya arus listrik yang masuk ke dalam aki.

Untuk mengetahui kondisi altenator dalam keadaan normal, kalian bisa melakukan pengecekan ke bengkel terdekat. Cara mudah pengecekan juga bisa dilakukan dengan mendekatkan obeng ataupun benda besi lainnya ke altenator dalam kondisi mesin menyala.

Jika terasa seperti adanya daya tarik seperti magnet, bisa dipastikan altenator dalam kondisi normal melakukan pengisian daya listrik pada aki. [autofun]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *