LayarBerita, Siak – Kepolisian Resor (Polres) Siak, melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021.  Apel dipimpin langsung Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto.

Operasi Keselamatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait larangan mudik pada lebaran tahun ini. Sekaligus untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Kapolres Siak dalam apel tersebut membacakan amanat Kapolda Riau. Menurutnya, Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021 akan digelar selama bulan Ramadhan yaitu pada tanggal 12 hingga 25 April 2021.

“Target operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021 adalah benda, manusia, tempat atau lokasi. Kegiatan yang difokuskan pada rest area, pengemudi ranmor yang tidak melaksanakan protokol kesehatan, masyarakat yang tidak melaksanakan protokol kesehatan dan serta masyarakat yang berkerumun atau berkumpul pada lokasi tertentu,” ucap AKBP Gunar.

Adapun kampanye keselamatan nanti akan dilaksanakan dalam bentuk aksi membagikan masker dan lainnya yang berkaitan dengan protokol kesehatan COVID-19.

“Jadi hanya mengedepankan kegiatan preemtif, preventif secara persuasif dan humanis, berupa kampanye edukasi serta sosialisasi,” lanjut Kapolres Siak.

Operasi ini, sambung Kapolres Siak bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait larangan mudik pada lebaran tahun ini, yang sekaligus juga untuk meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19, serta tertib berlalu lintas guna menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

“Diakhir amanat, kepada seluruh personel, Saya menyampaikan beberapa penekanan Kapolda Riau, utamakan  faktor keamanan, keselamatan dengan mempedomani SOP yang ada. Hindari tindakan pungli, jangan bertindak yang menimbulkan komplain dari masyarakat atau kontra produktif, selalu menggunakan body system dan tetap jaga kesehatan serta selalu berdoa,” pesan Gunar.

Pada kegiatan Operasi Keselamatan Lancang Kuning Tahun 2021 tersebut, Polres Siak menurunkan 93 personel gabungan, yang dalam pelaksanaannya akan dibantu oleh Satker terkait seperti TNI, Satpol PP, Dinkes dan Dishub Kabupaten Siak.

“Dalam pelaksanaan tugas kita akan bersinergi dengan lintas sektoral. Kami imbau kepada masyarakat agar menaati kebijakan pemerintah, karena itu adalah untuk kebaikan kita bersama,” kata Kapolres Siak.

Kegiatan Apel gelar hari itu dihadiri para pejabat utama Polres Siak, Kapolsek jajaran, para Kanit dan perwira staf Polres Siak, Danramil Siak, Kepala Dinas terkait. Adapun pasukan apel adalah personel gabungan dari anggota Koramil Siak, anggota Polres Siak, Satpol PP, Dishub Kabupaten Siak, Damkar Kabupaten Siak dan Senkom sebagai mitra Polri. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *