LayarBerita, Lhokseumawe – Kepolisian Resor (Polres) Lhokseumawe menggelar apel pasukan Operasi Keselamatan Seulawah 2021. Apel yang digelar di halaman Mapolres setempat, Senin (12/4/2021) pagi, dipimpin oleh Kapolres Lhoskeumawe, AKBP Eko Hartanto, SIK, MH.

Dalam amanat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada yang dibacakan oleh Kapolres Lhokseumawe selaku inspektur upacara, apel pasukan Operasi Seulawah 2021 yang dilaksanakan sebagai upaya cipta kondisi menjelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah di tengah pandemi Coronavirus Disease 19 (Covid19).

Selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan, serta sasaran yang telah ditetapkan.

Sebagaimana empat strategis kebijakan utama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, yakni transformasi organisasi, operasional, pelayanan publik dan pengawasan kebijakan, sangatlah tepat saat ini untuk diimplementasikan dalam kegiatan Operasi Keselamatan selama tahun 2021.

“Jumlah kecelakaan lalu lintas pada tahun 2019 sejumlah 4.233 kasus. Sedangkan pada tahun 2020 sejumlah sebanyak 3.347. Meskipun adanya tren penurunan sebesar 21%, kita jangan berpuas diri. Karena saat ini yang diharapkan adalah dapat menekan jumlah kasus laka lantas yang dapat mengakibatkan adanya korban meninggal dunia maupun luka-luka,” ungkapnya.

Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan digelarnya operasi Operasi Keselamatan Seulawah 2021 adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di Provinsi Aceh dan di wilayah hukum Polres Lhokseumawe secara khusus.

Adapun sasaran dari operasi tersebut meliputi segala potensi gangguan yang dapat menghambat dan mengganggu keamanan, keselamataan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), serta penyebaran Covid-19, dimana menjelang bulan suci Ramadan 1442 Hijriyah terjadi peningkatan aktivitas masyarakat yang dapat menimbulkan kemacetan pada pusat-pusat keramaian.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Kamseltibcarlantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu Polda Aceh dan jajarannya menyelenggarakan Operasi Keselamatan Seulawah 2021 yang akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 12 hingga 25 April 2021 dengan target memutus mata rantai penyebaran Covid-19, mencegah terjadinya kerumunan massa, kelancaran dan keselamatan yang lebih baik, mencegah masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik pada lebaran tahun 2021.

Dari target operasi tersebut, ada beberapa penekanan yang dilakukan selama operasi keselamatan selama tahun 2021, diantaranya melakukan sosialisasi secara masif tentang larangan mudik tahun 2021, kepatuhan protokol kesehatan (Prokes) dan tertib berlalu lintas, menjalin kerja sama dan sinergitas bersama stakeholder untuk melakukan pembagian masker dan sosialisasi vaksinasi kepada masyarakat setempat.

Selain itu juga melakukan kegiatan bakti sosial (Baksos) kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19 dan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas dalam pencegahan mudik tahun 2021.

“Terkait operasi yang akan dilaksanakan, saya mengharapkan seluruh peserta apel agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” pesan Kapolda.

Apel pasukan Operasi Keselamatan Seulawan 2021 diikuti oleh personel jajaran Polres Lhokseumawe, personel Kodim 0103/AUT, personel Denpom IM/1 Lhokseumawe, Batalyon B Satbrimobda Polda Aceh, Dinas Perhubungan Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, Satpol PP Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, Dinkes Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, serta RAPI Wilayah Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Dan Lanal Lhokseumawe, Dandim 0103/AUT, Dandenpom IM/1 Lhokseumawe, Dansatradar 231, Kepala Kejaksaan Negeri Lhokseumawe dan Aceh Utara, Kepala PN Negeri Lhokseumawe dan Lhoksukon, Danyon B Brimobda Polda Aceh, Danki B 469 Paskhas,  Sekda Kota Lhokseuma, Ketua MPU Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, serta undangan lainnya. (BIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *