LayarBerita, Siak – Pemerintah Kabupaten Siak menyerahkan sebanyak 21 sertifikat tanah untuk masyarakat miskin (Taskin) Tapak Rumah tahun 2020.  Sertifikat diserahkan kepada masyarakat dilakukan oleh Asisten I Setda Kabupaten Siak Budhi Yuwono, di Kampung Teluk Rimba, Senin (11/1/2021).

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Siak Budi Satria mengatakan, bahwa kegiatan ini awalnya dikenal dengan nama Prona, akan tetapi sekarang kegiatan tersebut bernama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang merupakan salah satu program prioritas dari Pemerintah Pusat.

“Kegiatan PTSL ini, Kami lakukan dari desa ke desa dan hanya sekali setiap desa. Lantaran Kami akan mensertifikatkan seluruh tanah tanpa terkecuali.  Termasuk tanah masyarakat, tanah desa, maupun tanah Pemda,” jelas Budi.

Lanjut Budi, dengan adanya sertifikat dari program PTSL tersebut, maka warga memiliki kepastian hukum, letak tanah, batas tanah serta kepemilikan tanah.

“Mohon bantuan kerjasamanya kepada seluruh masyarakat, untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan program PTSL ini.  Agar berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan, dan dapat mencapai target yang telah ditetapkan,” harap kepala BPN Siak tersebut.

Bupati Siak yang diwakili oleh Asisten I Setda Kabupaten Siak Budhi Yuwono diawal sambutannya mengatakan, bahwa Pemerintahan Kabupaten Siak mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Siak.

“Hal ini karena Kantor Pertanahan memiliki perhatian yang besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Siak, dalam bentuk fasilitasi dalam pembuatan sertifikat tanah,” ucap Budhi.

Mengingat besarnya manfaat dari program PTSL ditengah masyarakat, maka Pemerintah Kabupaten Siak sangat mendukung pelaksanaan program PTSL ini. Lantaran masih banyak masyarakat Kabupaten Siak yang tanahnya belum memiliki sertifikat.

“Salah satu dukungan dari Pemerintah Kabupaten Siak dalam program PTSL yakni memfasilitasi acara penyuluhan PTSL kepada masyarakat, dan menunjuk tim pendampingan persiapan PTSL, yang akan membantu Kantor Pertanahan Kabupaten Siak.  Yakni untuk mengumpulkan data masyarakat yang akan diikutsertakan dalam program PTSL pada setiap desa/kelurahan.  Dimana nantinya data tersebut akan diserahkan kepada kantor pertanahan untuk diproses persertifikatannya,” jelas Asisten I Setda Kabupaten Siak tersebut.

Selain itu, Budhi juga berharap kepada penerima sertifikat Taskin, agar bisa menjaga dan menyimpan sertifikat tersebut sebaik mungkin. Serta sertifikat bisa bermanfaat bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Acara ini juga dihadiri oleh Camat Koto Gasib Dicky Sofyan, Wakil ketua I DPRD Kabupaten Siak, Kabag Pertanahan Setda Kab.Siak Aditya, Penghulu Kampung Teluk Rimba dan tamu undangan lainnya. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *