LayarBerita, Jakarta – Sebanyak 15 juta bahan baku vaksin Covid-19 Sinovac yang diangkut dengan pesawat Garuda Indonesia bernomor penerbangan GA891 tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 12.05 WIB, Selasa (12/1/2021)

Bahan baku tersebut nantinya akan diproses lebih lanjut oleh perusahaan BUMN Bio Farma menjadi 12 juta vaksin Covid-19 siap pakai, ungkap Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai menghadiri Rapat Terbatas, Senin (11/1/2021) kemarin di Kantor Presiden, Jakarta.

“15 juta bahan baku vaksin akan datang dari Sinovac. Ini akan diproses oleh Bio Farma dalam jangka waktu satu bulan, sehingga nanti di awal Februari kita sudah punya 12 juta vaksin jadi dari 15 juta bahan baku ini,” ujarnya.

Menkes juga menyampaikan bahwa pendistribusian vaksin Covid-19 memerlukan jalur logistik dengan sistem rantai dingin (cold chain) yang memberikan kompleksitas tersendiri. Oleh karena itu, ia meminta semua pihak untuk bekerjasama dalam proses distribusi tersebut.

“Saya kemungkinan akan butuh bantuan baik dari pemerintah pusat, daerah, atau swasta untuk bisa bahu-membahu membantu kami kalau nanti ternyata ada kesulitan untuk bisa menyalurkan 426 juta vaksin sampai seluruh pelosok Indonesia melalui jalur logistik dingin,” tuturnya. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *