LayarBerita, Aceh Utara – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Karya Sejahtera memproduksi pupuk asap cair dan gas dengan bahan baku utama sekam padi.  Produk ini dilakukan  acara launching di pabrik padi Gampong Lhok Jok, Kecamatan Sawang, Aceh Utara. Pembuatan pupuk asap cair dan gas itu hasil kerja sama Bumdes Karya Sejahtera Gampong Lhok Jok yang bekerjasama dengan PT. Inotek Solusi Indonesia dan CV. Aska Jaya.

“Pupuk asap cair yang diproduksi ini dapat digunakan untuk semua jenis tanaman.  Sistem pembuatannya dengan cara dimasak yang menghasilkan asap cair dan gas,” ujar Direktur Utama Bumdes Karya Sejahtera, Mizannur.

Sambungnya, bahan utama pembuatan pupuk asap cair dan gas ini dari sekam padi yang tidak lagi digunakan lagi oleh warga.  Sehingga dimanfaatkan untuk pengolahan kembali  sebagai bahan baku utama dalam pembuatan pupuk dan gas.

Tambahnya, pupuk asap cair yang diproduksi pihaknya dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman untuk peningkatan hasil mutu tanaman guna peningkatan hasil produksi.

“Jadi, pupuk cair jelas kita pergunakan untuk tanaman.  Sementara gas yang dihasilkan dari produksi ini dapat kita gunakan untuk memasak,” jelas Mizannur.

Sementara itu, Mizannur sangat mengharapkan dukungan penuh dari berbagai pihak, sehingga pembuatan pupuk asap cair dan gas ini bisa tumbuh kembang dengan baik untuk meningkatkan perekonomian warga khususnya di Kecamatan Sawang dan umumnya untuk seluruh masyarakat Aceh.

Selain itu, kegiatan lauching pembuatan pupuk asap cair dan gas dibuka langsung oleh Camat Sawang Abdurrahman yang diwakili Sekcam Muslim, juga ikut dihadiri Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Sawang, forum geuchik, mukim, dan pengurus Himpunan Mahasiswa Sawang (HIMASA) serta Bank Sampah Metuah. [zir]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.