LayarBerita, Lhokseumawe – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa (Ormawa) Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh menggelar aksi pawai obor di Kota Lhokseumawe, Jumat malam (9/12/2021).

Aksi pawai obor guna memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia yang diperingati setiap 10 Desember setiap tahunnya, meminta Pemerintah serius mengusut tuntas pelanggaran HAM berat yang terjadi di Indonesia, khususnya di Provinsi Aceh.

Koordinator Aksi, Aris Munandar menegaskan, hingga saat ini banyak kasus HAM di Indonesia belum kunjung tuntas diselesaikan. Termasuk janji Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo juga belum terealisasi guna mengusut kasus yang mengandung unsur keselamatan rakyat.

Aris juga menilai selama ini Pemerintah dan aparat penegak hukum juga abai dalam penyelesaian kasus, seperti kasus pelanggaran HAM di Simpang KKA dan Jembatan Arakundo yang hingga saat ini belum ada penyelesaian.

Aksi pawai obor dilakukan longmarch dari halaman Mesjid Islamic Lhokseumawe, hingga Taman Riyadhah, sambil orasi dan ditutup doa bersama.  Aksi ini tampak dikawal ketat pihak kepolisian dari Polres Lhokseumawe. [Reza]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *