LayarBerita, Jakarta – Pelaku utama penyerangan suku Yali yang berujung kerusuhan di Yahukimo, Papua,  Morume Keya Busup berhasil ditangkap Kepolisian Negara Republik Indonesia.  Pelaku ditangkap dan diamankan langsung oleh Polres Yahukimo bersama Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kadiv Humas Polri, Irjen. Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, Sabtu (9/10/2021).

“Ditangkap hari Sabtu, tanggal 9 Oktober 2021, pukul 03.40 WIT, bertempat di Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo,” ungkap Kadiv Humas Polri.

“Polisi juga menangkap satu orang lain bernama Beto Ordias. Menurutnya, kedua tersangka dibawa ke Polres Yahukimo untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut,” lanjut Kadiv Humas Polri.

Seperti diketahui sebelumnya, Morume Keya Busup diduga merupakan kepala suku umum Kimyal, yang melakukan penyerangan terhadap suku Yali pada Minggu (3/10/2021). Sejumlah barang bukti juga berhasil diamankan,  diantaranya satu buah busur, sembilan anak panah, satu buah kapak, satu unit ponsel, perangkat elektronik, hingga identitas diri lain milik tersangka.

Pascapenyerangan tersebut, Polisi langsung bergerak untuk menangkap 52 orang terduga pelaku penyerangan. Dari puluhan orang yang ditangkap, 22 di antaranya ditetapkan sebagai tersangka atas kericuhan yang mengakibatkan 41 orang luka-luka dan 6 orang meninggal dunia. [tribrata]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *