Layarberita, Banda Aceh – Pemerintah mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mendaftarkan produknya di katalog lokal Pemerintah Aceh.  Hal ini dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat Aceh paska-pandemi Covid-19.

Kepala ULP Setda Aceh, T. Aznal Zahri, mengatakan, apa yang dilakukan itu sesuai dengan arahan Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki melalui Biro Pengadaan Barang dan Jasa atau Unit Layanan dan Jasa (ULP) Setda Aceh, dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat Aceh paska-pandemi Covid-19.

“Menindaklanjuti arahan itu, Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Aceh telah membuka pengumuman bagi UMKM di Aceh untuk mendaftarkan produk usahanya di etalase katalog lokal Aceh,” ujar Aznal dalam keterangannya di Banda Aceh, Selasa 9 Agustus 2022.

Aznal mengatakan sedikitnya ada 18 etalase yang sudah tersedia yaitu alat tulis kantor, aspal, bahan material, bahan pokok, jasa keamanan, makanan dan minuman, souvenir, peralatan kantor, bahan dan alat kebersihan, meubelair, bibit perkebunan, service elektronik, pakaian dinas, service kendaraan, beton ready mix, jasa kebersihan, pemeliharaan Gedung/bangunan kantor, dan rumah layak huni.

”Segera setelahnya akan menyusul etalase lainnya yaitu sewa tenda/dekorasi, publikasi media, aspal tergelar dan lain sebagainya,” ucapnya.

Para pelaku UMKM, dapat mendaftarkan produknya dengan cara pelaku usaha harus terlebih dahulu mendaftarkan akun Layanan Pengadaan Secara Elektronik atau LPSE dengan cara mendaftar di website LPSE pada laman https://lpse.lkpp.go.id, atau mendaftar di kantor LPSE terdekat.

Selanjutnya, akun itu harus aktif Agregasi Data Penyedia (ADP) agar bisa login di LPSE manapun dan bisa untuk login katalog elektronik. Langkah selanjutnya, pelaku usaha harus mengisi dan melengkapi informasi kualifikasi penyedia pada aplikasi SIKAP (https://sikap.lkpp.go.id).

Lantas silakan login di website https://lpse.lkpp.go.id, dengan memilih login penyedia. Untuk yang baru pertama kali login, akan diminta untuk mengisi kriteria status usaha sekaligus membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku untuk penyedia katalog.

Pelaku usaha dapat melakukan pendaftaran pada pengumuman pemilihan penyedia yang sedang dibuka melalui tautan e-katalog.lkpp.go.id/pengumuman atau klik menu pengumuman pada sisi kiri atas tampilan layar.

Selanjutnya unduh dokumen pengumuman pencantuman barang dan jasa pada detail pengumuman pada etalase produk yang tertuju dan pelajari persyaratan kualifikasi penyedia. Aznal menyebutkan, penyedia dapat melihat informasi merek atau unit pengukuran yang sudah tercatat pada etalase yang akan dilakukan proses pemilihan dengan cara klik info pada daftar merek.

Apabila merek dan satuan ukur belum terdaftar, bisa disampaikan melalui s.id/tambahmerk dan s.id/tambahunitukur. Sedangkan jika produk tidak memiliki merek, anda bisa memilih pilihan tanpa merek saat mengisi informasi produk.

“Siapkan secara lengkap dokumen persyaratan kualifikasi penyedia dan produk dalam format digital maksimal 20 MB tiap file dan dukungan pendukung lain seperti brosur,”.

Selanjutnya, pelaku usaha dipersilakan untuk klik tombol ajukan penawaran dan unggah dokumen persyaratan dan lengkapi data. Selanjutnya silakan klik tombol ‘kirim penawaran’.

Apabila kualifikasi dan kode KBLI sudah sesuai dengan persyaratan, produk akan terverifikasi oleh sistem secara otomatis dan tayang pada katalog elektronik. Aznal mempersilahkan masyarakat untuk memperoleh informasi lanjutan dengan mendatangi Kantor Biro PBJ, di Komplek Kantor Gubernur Aceh setiap hari kerja pukul 10.00 wib hingga 16.00 wib, atau menghubungi contact number 085271053310. [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.