LayarBerita, Siak – Wakil Bupati Siak, Husni Merza memimpin upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Riau ke-65, di Halaman Kantor Bupati Siak, Selasa (9/8/2022).  Husni Merza dalam amanatnya, membacakan sambutan Gubernur Riau Syamsuar yang mengatakan bahwa peringatan hari jadi menjadi bukti perjalanan Provinsi Riau yang telah mencapai usia ke-65 tahun.

“Kita mengenang kembali jalinan sejarah berdirinya Provinsi Riau, dimana sarat dengan nilai-nilai moral dipersembahkan secara tulus oleh tokoh-tokoh pemuda, pejuang maupun masyarakat Riau yang telah berjasa mendirikan Provinsi Riau,” sebut Husni.

Jelas Husni, Provinsi Riau menjadi salah satu pusat perekonomian di Pulau Sumatera, hal itu dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik. Untuk realisasi investasi, Provinsi Riau berhasil meraih peringkat kelima nasional, dengan nilai investasi pada tahun 2021 sebesar Rp 53,02 Triliun.

Ditambahkan Husni, perkembangan kemajuan Provinsi Riau ditentukan kemajuan desa. Sebelum adanya program bantuan keuangan khusus kepada desa, jumlah desa mandiri di Provinsi Riau tahun 2019 hanya sebanyak 10 desa, desa maju 163 desa, desa berkembang 951 desa, desa tertinggal  422 desa serta desa sangat tertinggal 45 desa.

“Alhamdulillah sejak tahun 2019 hingga tahun 2022, setelah adanya program bantuan keuangan khusus kepada desa, jumlah desa mandiri sebanyak 159, desa maju 517, desa berkembang 805, desa tertinggal menurun menjadi 87 desa dan desa sangat tertinggal menurun menjadi 24 desa,” jelas Husni.

Lebih lanjut Husni mengungkapkan, Riau terus berbenah menuju daerah yang semakin maju dalam rangka mensejahterakan masyarakatnya. Atas nama pemerintah kabupaten/kota, Husni terus berharap sinergitas pembangunan kolaborasi antara pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota semakin banyak dan erat.

“Kita berharap semakin banyak alokasi program dan kegiatan serta anggaran yang bisa diperuntukkan untuk kabupaten/kota.  Harapan kita dari Pemerintah Kabupaten Siak semakin banyak sharing dan program-program yang bisa kita lakukan bersama.  Lantaran tidak mungkin provinsi maju sementara kabupaten/kotanya tertinggal,” ungkap Husni.

Harapannya, semua elemen masyarakat dapat mendoakan mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan oleh para pejuang Provinsi Riau, semangat berdirinya Provinsi Riau bisa diisi oleh seluruh pemerintah daerah di Provinsi Riau dengan hal-hal yang positif,” tutupnya. [Infotorial]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.