LayarBerita, Jakarta – Lembaga National Single Window (LNSW) pada 1 April 2021 telah meluncurkan Indonesia National Single Window (INSW) Mobile versi terbaru yang dapat diunduh melalui Playstore.

Berbeda dengan aplikasi mobile sebelumnya yang diluncurkan pada Januari 2020, selain dapat mengakses berita-berita terbaru di dalam aplikasinya, pengguna juga dapat menikmati berbagai menu unggulan INSW, diantaranya adalah INTR (Indonesia National Trade Repository) yang merupakan acuan utama terkait semua informasi regulasi ekspor, impor dan logistik Indonesia, termasuk perizinan dan tarif.

Mengutip dari laman Kementerian Keuangan, Jumat (9/4/2021), seperti halnya INTR pada website INSW yang baru, terdapat kotak pencarian yang semakin memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Dilengkapi dengan teknologi elastic search, pengguna dapat mencari informasi di INTR dengan berbekal kata kunci komoditas, uraian, ataupun kode Harmonized System (HS). Informasi kurs pajak serta simulasi ekspor & impor juga dapat dilakukan melalui mobile.

Di sisi lain, INSW Mobile kini terintegrasi dengan Sistem INSW Gen 2 sehingga pengguna dapat melihat status pengajuan dan menerima notifikasi terkait pengajuan tersebut. Fitur lain adalah menu pelacakan dokumen, baik itu NIB, PIB/PEB, Perizinan, e-COO, Rekomendasi, ataupun NTPN, semua dapat dilacak melalui INSW Mobile.

Terdapat menu Bantuan yang berisi semua buku panduan yang dapat diunduh dan daftar frequently asked questions (FAQ). Menu Bantuan di INSW Mobile pun terintegrasi dengan Contact Center LNSW, sehingga pengguna dapat memanfaatkan fitur Live Chat di aplikasi atau layanan contact center LNSW lainnya seperti call center, email maupun tiket pengaduan. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *