LayarBerita, Brussel, Belgia – Mengantisipasi antusiasme masyarakat Belgia untuk kembali beriwisata pada saat pandemi reda, KBRI Brussel mempromosikan Wonderful Indonesia di salah satu moda transportasi, yakni tram, di kota Brussel, Belgia.

Promosi ini akan berlangsung selama 3 bulan ke depan yang dimulai sejak 8 April 2021 hingga 28 Juni 2021.

Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa, Andri Hadi, menjelaskan,  promosi Wonderful Indonesia di tram Brussel ini mengusung tiga tema, yakni: Indonesia is sustainable. Indonesia is tolerant. Indonesia is wonderful

Tema Indonesia is sustainable dimaksudkan untuk menjelaskan berbagai upaya Indonesia dalam menjaga keberlangsungan alamnya. Indonesia is tolerant dimaksudkan untuk menjelaskan sikap moderat dan toleran, serta keramahtamahan masyarakat Indonesia. Sedangkan Indonesia is wonderful menampilkan berbagai destinasi menarik Indonesia yang perlu dikunjungi,” tegas Dubes Andri Hadi, seperti dilansir laman Kementerian Luar Negeri, Jumat (9/4/2021).

Promosi ini menampilkan gambar-gambar khas Indonesia, seperti komodo, Ulun Danu Bali, Borobudur, Raja Ampat, tari Gandrung Banyuwangi, dan Pantai Kelayang Bangka Belitung. Selain untuk wisata, promosi ini juga dimanfaatkan untuk lebih mempopulerkan produk dan komoditas Indonesia seperti kopi, coklat, sawit, teh, dan kayumanis, imbuhnya.

Meskipun hingga saat ini melakukan perjalanan ke Indonesia belum memungkinkan bagi warga asing, namun promosi ini dirasa tepat waktu mengingat banyak orang di Belgia sudah menantikan dapat berpergian dan berwisata kembali. Masyarakat Belgia diketahui sebagai masyarakat yang senang merencanakan wisatanya minimal satu tahun sebelumnya, terang Andri Hadi.

Untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat kota Brussel, promosi Indonesia di tram ini akan melewati jalur-jalur sibuk yakni jalur 7, 8, 25, 92 dan 93. Total pengguna transportasi umum di Brussels mencapai 1,1 juta orang/hari. Sebagian besar adalah usia aktif yang memanfaatkan transportasi umum untuk bekerja, belanja dan beraktivitas sehari-hari.

Kondisi pandemi yang berlanjut tahun ini juga telah menyebabkan dibatalkannya berbagai pameran dan festival yang biasanya dimanfaatkan KBRI Brussel untuk mempromosikan Indonesia. Promosi melalui tram ini menjadi upaya kreatif KBRI Brussel untuk menjangkau publik Belgia secara masif namun tidak melibatkan pengumpulan orang.

Berdasarkan survei yang dilakukan berbagai sumber, diketahui bahwa wisatawan asal Belgia dan Luksemburg menyukai destinasi wisata dengan cuaca tropis, berbudaya, memiliki pantai yang indah dan wisata keluarga. Indonesia tentunya memenuhi semua kriteria ini. Kita semua berharap agar pandemi Covid-19 segera usai sehingga sektor pariwisata Indonesia dapat kembali bangkit dan pulih kembali, segera. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *