Layarberita.com – Satu hal yang membuat tidak nyaman dan sangat menyebalkan yakni kaca mobil Anda retak. Selain mengganggu pandangan pengemudi, kaca yang retak juga dapat menimbulkan masalah baru apabila tidak segera diganti.

Namun sekarang ini keretakan kaca mobil bisa diperbaiki. Dengan begitu kalian tidak perlu merogoh isi dompet tertalu dalam untuk menggantinya dengan yang baru.

Lalu bagaimana caranya? Berikut adalah tips memperbaiki kaca mobil yang retak dari Auto2000, seperti dilansir autofun.co.id.

Kaca Mobil yang Bisa Diperbaiki

Cara memperbaiki kaca mobil retak pada umumnya dengan menggunakan teknik suntik kaca atau las kaca. Teknik ini dilakukan dengan memasukkan resin ke dalam retakan tersebut. Perlu diketahui bahwa suntik kaca hanya bisa dilakukan pada kondisi seperti berikut.

1. Retakan Maksimal 35-36 cm

Kaca depan mobil yang biasanya menggunakan tempered glass atau laminated glass. Untuk retakan yang bisa diperbaiki maksimal dengan panjang 14 inci atau sekitar 35-36 cm.

2. Retakan Kaca Tidak Tembus Hingga Sisi Dalam

Memperbaiki kaca mobil yang retak juga tidak bisa dilakukan apabila kedalaman retakannya sampai ke bagian dalam interior. Selain itu, retakan kaca juga tidak boleh terjadi di bagian sudut dan menyebar ke tengah.

Begini Cara Memperbaiki Kaca Mobil yang Retak

1. Bersihkan kaca 

Cara memperbaiki kaca mobil retak yang pertama adalah dengan pembersihan. Bersihkan serpihan kecil kaca mobil, debu, pasir, tanah, dan kotoran lain. Pastikan tidak ada partikel yang kemungkinan bakal mengganggu proses penyuntikkan resin ke dalam retakan.

2. Bisa Melakukan Pengeboran Terlebih Dahulu

Setelah dibersihkan, kaca harus dilubangi dengan cara di bor. Hal ini bertujuan agar resin nantinya bisa dimasukkan ke dalam lubang sehingga kaca mobil bisa merekat utuh kembali. Dalam melubangi, sebaiknya buat lubang sesuai dengan ukuran yang diperlukan. jangan terlalu lebar dan jangan terlalu kecil.

3. Memasukkan Cairan Resin

Selanjutnya kalian bisa memasukkan cairan resin ke dalam lubang yang sudah dilubangi. Isikan cairan ini pada lubang hingga permukaannya tertutup. Setelah itu, tunggu beberapa jam untuk menunggu resin mengeras.

4. Gunakan Lapisan Film

Setelah didiamkan beberapa jam, retakan kaca kembali rapat dengan cairan resin tersebut. Langkah terakhir, lakukan proses penyinaran sinar UV. Selanjutnya untuk membuat kaca kembali sempurna, kalian bisa menggunakan lapisan film.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *