LayarBerita, Aceh Utara – Banjir kembali melanda sejumlah wilayah di provinsi Aceh, termasuk Kabupaten Aceh Utara.  Kondisi ini menyusul hujan lebat yang terjadi dalam tiga hari terakhir. Dampak banjir dilaporkan akibat sejumlah sungai meluap akibat debit air yang tinggi.

Selain luapan sungai, banjir genangan juga terjadi akibat hujan yang mengguyur merata di sejumlah wilayah di Aceh Utara. Hal ini tentu mengakibatkan sejumlah permukiman warga tergenang.

Informasi yang diterima, hampir sebagian kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Utara terkena banjir.  Bahkan bencana banjir tahun ini kondisinya lebih parah dibanding banjir tahun sebelumnya.  Bahkan diperkirakan dalam sepuluh tahun terakhir, bencana kali ini paling parah dan dapat ditetapkan sebagai bencana daerah.

Dampak banjir membuat sejumlah warga terisolir karena akses jalan tergenang banjir dan tidak dapat dilalui.  Proses evakuasi terus dilakukan dari kemarin agar warga dapat mengungsi ke tempat yang lebih aman.  Ketianggian air bervariasi, mulai dari ukuran selutut orang dewasa hingga mencapai diatas satu meter.

Terganggunya akses jalan juga terjadi di kawasan menuju Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara. Warga terpaksa membawa sepeda motornya dengan rakit atau dengan cara mendorongnya dibantu oleh warga lain.

Warga berharap agar banjir cepat surut dan hujan tidak lagi turun dalam beberapa hari ini, agar kondisi bisa normal kembali. [Foto/Teks: Yasir]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *