LayarBerita, Siak – Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto, memimpin langsung kegiatan posko penyekatan mudik yang berada di Jalan Lintas Siak – Pekanbaru, Kampung Tengah, Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Kamis (6/5/2021).  Jalan tersebut merupakan salah satu jalur lintas dari Siak ke Kota Pekanbaru atau sebaliknya.

Tampak dilokasi Kapolres AKBP Gunar langsung melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang melintas, didampingi Kaposko Iptu Ramadan dan personel TNI, Dishub, Satpol PP serta petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Siak.

“Hari ini Saya pimpin langsung kegiatan penyekatan pemudik di Jalan Lintas Maredan Kecamatan Tualang,” ucap Kapolres Siak

Saat ini, Polres Siak telah mendirikan 5 Posko penyekatan dari 5 kecamatan yang merupakan jalur keluar masuk ke Kabupaten Siak.

“Kita sudah mendirikan Posko Penyekatan Lalulintas Darat Pengecekan larangan mudik dari luar daerah dan yang akan keluar daerah kabupaten siak.  Adapun lokasinya merupakan titik pintu masuk dan keluar dari Kabupaten Siak, sejak 27 April 2021 lalu,”terang Gunar.

Adapun Pos I Berada di Kecamatan Kerinci Kanan tepatnya Jalan Lintas di depan Kantor Polsek Kerinci Kanan, Pos II berada di Simpang Minas Perawang tepatnya di Pos Terminal Lama KM.1 Kecamatan Minas, Pos III Jalan lintas Maredan Kampung Tengah Kecamatan Tualang, Pos IV Jalan Lintas Sabak Auh depan Polsek Sabak Auh, dan terakhir Pos V di Jalan Lintas KM 75 Kecamatan Kandis, papar AKBP Gunar.

Lanjutnya, bagi kendaraan yang tidak sesuai ketentuan yang ditetapkan, maka harus putar balik dan tidak boleh lewat.

“Hampir semuanya, di tempat penyekatan kita ambil langkah putar balik bagi kendaraan yang tidak sesuai ketentuan.  Baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum,” tegas AKBP Gunar.

Menurut Kapolres Siak, peniadaan mudik ini sudah lama disosialisasikan, baik melalui semua media, baik media televisi, radio, media online maupun media sosial.  Jadi tidak ada alasan lagi buat masyarakat dengan dalih tidak mengetahui larangan mudik tersebut.

“Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak untuk tidak mudik atau pulang kampung pada lebaran tahun ini. Mengingat makin meningkatnya pasien yang  tertular Covid 19, terutama di wilayah Kabupaten Siak,” imbau Gunar.

Imbauan ini, menurut Kapolres Siak lantaran semua orang berpotensi menularkan dan tertular Covid 19.  “Sayangi orangtua dan keluarga di kampung, jangan sampai mereka juga tertular. Selalu terapkan protokol kesetan 5 M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta interaksi,” tutup AKBP Gunar.

Didampingi Kasat Lantas Polres Siak AKP Rosna Meilani, Kapolres Siak juga melakukan pengecekan dan pengawasan di 2 Posko di Kecamatan Minas dan Kecamatan Kandis. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *