LayarBerita, Siak – Program Bujang Kampung di Merempan Hulu, Kecamatan Siak, yakni  pelayanan mobil pustaka keliling paling ramai diminati para pelajar.  Mereka selain melihat juga membaca buku yang tersusun rapi di rak-rak yang ada di mobil.

”Kami dari dinas perpustakaan turut berpartisipasi dalam Program Bujang Kampung, lewat pustaka keliling. Kami mencoba menyuguhkan, buku pelajaran untuk adik-adik pelajar di kampung. Beraneka ragam jenis dan judul buku kami bawa.  Kita lihat, sambutannya cukup antusias,” ujar Kepala Seksi Minat Baca Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak Anita, yang ditemui di Bujang Kampung, Merempan Hulu, Kecamatan Siak, Jumat (5/8/2022).

Ia menjelaskan, dinas perpustakaan di Bujang Kampung tidak hanya membawa mobil pustaka keliling, namun juga membimbing warga yang buta aksara untuk belajar membaca sesuai umur mereka.

“Kami hadir selain melayani anak TK, SD, SMP mencari buku pelajaran sekolah mereka.  Juga membimbing warga buta huruf sesuai umur atau tingkatan sekolah, untuk PAUD kami memberikan bimbingan cerita,”ucapnya.

Melalui inovasi yang diberikan ini, Anita berharap dapat membantu menumbuhkan karakter dan minat baca anak.  Termasuk membaca, agar nantinya bisa mengambil sisi baik dari apa yang mereka baca.

“Dengan membaca anak-anak mengambil sisi terbaik dari apa yang mereka baca. Kemudian literasi budaya untuk mencurahkan pikiran mereka melalui pantun, puisi, karya sastra dan lain-lain, dan kami juga membantu masyarakat yang buta aksara melalui bimbingan membaca,” tutupnya.

Salah seorang siswi putri kelas V ditemui dilokasi mengatakan, dirinya senang bisa lihat dan baca buku baru.  Dimana saat itu dirinya mengaku ingin mencari buku puisi dan pantun untuk dibaca.

“Senang ada pustaka di sini, bisa baca buku dan bertanya dengan bapak dan ibu penjaganya. Kami ramai-ramai kesini bersama kawan,” ungkap Putri dengan polos. [Infotorial]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.