LayarBerita, Den Haag – Sebanyak 100 diaspora Indonesia di Belanda dan wilayah Eropa lainnya dengan antusias mengikuti webinar bertajuk “Bangun Negeri via Investasi”, Rabu (4/8/2021).

Pada kesempatan itu, Duta Besar Indonesia untuk Belanda, Mayerfas mengajak para diaspora untuk bersama memahami instrumen pasar keuangan Indonesia dan peluang menjadi investor, khususnya ritel.

Tema “Bangun Negeri via Investasi” ditujukan untuk mendorong peran dan partisipasi diaspora dalam berinvestasi pada instrumen keuangan Indonesia. Investasi tersebut dapat berkontribusi dalam mendukung pembiayaan pembangunan dan menjaga stabilitas keuangan nasional.​

Webinar menghadirkan 3 narasumber, yaitu Donny Hutabarat (Direktur Eksekutif Departemen Pengembangan Pasar Keuangan Bank Indonesia), Rochma Hidayati (Deputi Direktur Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK), dan Muhammad Hanif (Co-Founder Tanam Duit).

Webinar terlaksana atas kerja sama KBRI Den Haag dengan Bank Indonesia London dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021.

Data BI menunjukkan saat ini jumlah penduduk Indonesia yang berinvestasi di pasar modal sebesar 3 persen dari jumlah penduduk usia produktif, atau sebanyak 5 juta investor dari 189 juta penduduk usia produktif.

Angka tersebut mengalami peningkatan, namun masih di bawah AS (55 persen), Singapura (26 persen), dan Malaysia (9 persen).

Diaspora Indonesia di Belanda dan Eropa merupakan potensi investor ritel Indonesia yang cukup besar. Diaspora Indonesia di Belanda sendiri mencapai 10 persen dari total populasi Belanda atau kurang lebih 1,7 juta jiwa.

Potensi ini kiranya dapat lebih dimaksimalkan, di antaranya dengan memberikan pemahaman pasar keuangan, jaminan pengawasan pemerintah, dan kemudahan investasi, termasuk melalui platform digital. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.