LayarBerita, Siak – Even Balap Sepeda Tour de Siak 2019 direncanakan kembali digelar pada 18 hingga 22 September mendatang, dengan 4 etape sejauh 542 kilometer.  Sebanyak 13 tim dari 10 negara telah mengkonfirmasi, untuk memastikan ikut serta dalam even sport tourism yang ketujuh kalinya sejak tahun 2013.
“Dari semua tim balap sepeda yang sudah mengkonfirmasi saat ini, ada 9 tim kuat dunia dan 4 tim sisanya dari dalam negeri,” ujar Pengurus PB ISSI Indah Permaisari, dalam rapat persiapan pelaksanaan Even Tour De Siak Tahun 2019 di ruang rapat Zamrud Siak Sri Indrapura, Senin pagi (5/8/2019).
Rapat persiapan ini juga dihadiri oleh Bupati Siak Alfedri, para pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkab Siak, perwakilan Polres Siak, dan sejumlah pengurus PB ISSI pusat dan PB ISSI Kabupaten Siak.
Meningkatnya antusias pembalap untuk ambil bagian dalam pelaksanaan Tour de Siak tahun ini kata Indah, poin yang diraih setiap pembalap akan dihitung karena sejak tahun lalu ini even Tour de Siak sudah masuk agenda resmi kalender UCI.
“Beberapa tim balap sepeda yang sudah menyatakan menjadi partisipan berjumlah 13 tim, diantaranya 9 tim dari luar negeri dan 4 tim dari dalam negeri. Tour de Siak 2019 akan diikuti 10 negara, diantaranya Australia, Belanda, Filipina, Jepang, Spanyol, Prancis, Malaysia, Indonesia, Iran, dan Singapura,” jelasnya.
Sementara itu Pengurus PB ISSI lainnya Sondi Sampurno menjelaskan, dalam 4 etape yang akan dilalui pembalap, berdasarkan hasil survey akan terjadi sedikit perubahan rute lintasan balap. Perubahan tersebut kata dia, didasari pertimbangan penambahan jarak tempuh etape, variasi rute, serta dalam rangka promosi beberapa objek wisata, diantaranya Rumah Datuk Pesisir dan Tangsi Belanda di Kecamatan Mempura.
“Untuk Etape 1 para pembalap akan menempuh rute Siak – Mempura – Dayun – Siak sebanyak 2 lap dengan jarak 128 Kilometer. Perubahannya para pembalap akan melewati beberapa objek wisata yang ada di Mempura dan Jembatan Kupu-kupu,” terang Sondi.
Sementara untuk etape II dengan rute Siak – Bungaraya – Sungai Apit – Siak lanjutnya akan dilaksanakan dalam 1 lap dengan jarak tempuh 114 Kilometer, etape III dengan rute Siak – Dayun – Buatan – Siak dilaksanakan 2 lap dengan jarak tempuh 160 Kilometer. Untuk Etape IV Siak City Race akan dilaksanakan sebanyak 8 lap dengan jarak tempuh 140 kilometer.
“Total panjang lintasan balap keseluruhan dari 4 etape adalah sejauh 542 kilometer,” terangnya.
Sementara itu Bupati Siak Alfedri mengucap syukur dan bangga karena Even Tour de Siak telah resmi menjadi Agenda United Cycling International (UCI) dan masuk Nominasi Top 100 Even Kalender Nasional Kementerian Pariwisata RI, serta baru-baru ini meraih penghargaan dari PB ISSI.
“Alhamdulillah, pencapaian ini kita jadikan motivasi untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan. Tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya,” ucap Alfedri saat memimpin rapat persiapan.
Untuk itu orang nomor satu Negeri Istana itu meminta jajarannya agar melakukan pertemuan lanjutan bersama PB ISSI bulan depan, guna menindaklanjuti perkembangan dan persiapan pelaksanaan kegiatan.
“Kita akan laksanakan kembali pertemuan bersama panitia teknis dan para commissaire untuk mengecek persiapan teknis dan melakukan peninjauan persiapan lintasan balap, untuk menindaklanjuti rekomendasi dan hasil survey serta pemetaan lintasan balap oleh PB ISSI,” pintanya kepada sejumlah pimpinan OPD yang hadir.
Tour de Siak, yang merupakan even balap sepeda berskala internasional pertama di Provinsi Riau itu akan kembali menguji para pembalap sprinter dengan sejumlah keunikan. Sekaligus rute yang cukup menantang, diantaranya kondisi geografis dengan cuaca panas dan bertekanan angin cukup ekstrim, serta tanjakan di sejumlah areal lintasan balap.
Untuk pengamanan kelancaran even, sebanyak 200 personel kepolisian yang diperkuat ratusan personel Satpol PP dan petugas Dinas Perhubungan akan diturunkan disepanjang lintasan balap dengan skema rekayasa arus lalulintas buka tutup untuk mengakomodir kepentingan mobilisasi masyarakat.
Sementara itu sebanyak 25 petugas Marshal yang terdiri dari 15 orang personel kepolisian dan 10 orang personel Dishub, 10 orang personel Patroli Pengawalan Kepolisian, 36 Tim Teknis dan Commisaire dari PB ISSI, serta ratusan orang panitia dan LO juga akan diturunkan untuk menyukseskan even balap sepeda yang melibatkan 110 atlit dan ofisial.  Untuk para pemenang, pantia menyediakan hadiah dengan jumlah total hadiah Rp 745 juta. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *