LayarBerita, Bogor – Wali Kota Bogor Bima Arya, membuka Kongres ke-V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) tahun 2021, Kamis (2/12/2021), yang berlangsung di Bogor Creative Center, Bogor, Jawa Barat.  Pada saat itu juga sekaligus dibuka Pameran UMKM dan welcome dinner kepada para tamu undangan atau peserta yang hadir.

Bima Arya mengatakan, pelaksanaan Kongres ke-V JKPI merupakan sejarah, kebanggaan dan kehormatan bagi Kota Bogor.

“Mohon maaf jika ada penyambutan yang kurang berkenan dan InsyaAllah besok kongres dimulai. Sesuai informasi yang disampaikan panitia, para peserta akan mengenakan pakaian kebesaran adat daerah masing-masing,” ujar Bima dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (3/12/2021).

Ketua Presidium JKPI Tahun 2021 yang merupakan Bupati Siak, Alfedri menyampaikan, anggota JKPI berkomitmen untuk menjaga kemajuan kebudayaan kota Pusaka di Indonesia. Ia pun berterima kasih kepada Kota Bogor yang bertindak sebagai tuan rumah.

“Atas nama anggota dan pengurus, kami mengucapkan terima kasih atas persiapan yang dilakukan sangat luar biasa,” ucap Alfedri.

<span;>Sementara itu, pameran UMKM dalam Kongres ke-V JKPI menampilkan produk unggulan UMKM dari masing-masing daerah, serta pagelaran budaya daerah.

“Budaya daerah kita yang luar biasa kaya yang memberikan inspirasi bagi industri ekonomi kreatif dan dengan kemajuannya akan memajukan ekonomi masing-masing daerah,” ungkap Alfedri.

Alfedri menuturkan kearifan lokal dari kota-kota pusaka yang melahirkan ide-ide kreatif dapat menjadi potensi ekonomi kreatif bagi masyarakat. Menurutnya, dengan begitu kemajuan ekonomi kreatif akan sejalan kemajuan budaya daerah.

“Kota pusaka menjadi wujud kita dalam memajukan masing-masing budaya, saling menguatkan, saling berkolaborasi, saling memajukan dan saling membesarkan. Dengan pameran ini, mudah-mudahan ke depan membawa kita bangkit kembali dari sisi ekonomi dengan perbaikan-perbaikan ekonomi,” tutur Alfedri

Jamuan makan malam itu, juga dihadiri wakil Bupati Siak, Sekda Siak dan  berlangsung meriah.  Dimana tuan rumah menyuguhkan sejumlah penampilan tarian hiburan lain. Para delegasi dari sejumlah daerah se-Indonesia dibawa oleh Wali Kota Bogor untuk melihat pameran UMKM yang berada di lokasi tersebut. [Infotorial]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *